Iklan Banner Sukun
Ragam

Tren Baru! Menumbuhkan Lumut Di Batu, Begini Langkah-Langkahnya

(Foto: Helen Labeque, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Apa sebenarnya manfaat dari menumbuhkan lumut? Apakah tumbuhan yang lekat dengan tempat lembab ini bisa memberikan kita sesuatu? Salah satu fungsi utama dari menumbuhkan lumut adalah memperindah lingkungan rumah kita. Ia bisa menjadi bagian dari hiasan di taman, juga di bebatuan yang menjadi bagian dari eksterior rumah, atau di salah satu bagian dinding kita.

Lumut juga bisa menjadi tolok ukur kualitas udara di lingkungan kita. Caranya dengan memperhatikan warna dari lumut tersebut. Jika warnanya hijau, artinya lingkungan kita memiliki kualitas udara yang baik.

Apa yang Anda Butuhkan untuk Menanam Lumut?


Untuk menumbuhkan lumut di atas batu, Anda membutuhkan kombinasi alat dan bahan. Alat menumbuhkan lumut meliputi: Sapu, Garpu rumput, Sarung tangan berkebun, Selang & penyemprot, Spatula atau kuas, Botol semprotan. Anda juga bisa menggunakan alat lain yang memiliki fungsi serupa dengan alat-alat di atas.

Kebutuhan lain yang diperlukan untuk menumbuhkan lumut antara lain: Transplantasi lumut, bubur lumut, Pin lansekap, Strip pH tanah, Buttermilk atau yogurt tawar (dua cangkir). Setelah semuanya terkumpul berikut ini langkah yang harus anda lakukan.

Langkah 1: Pilih Jenis Lumut

Anda harus memilih jenis lumut yang ingin Anda tanam di atas batu. Ini penting karena berbagai jenis ada berdasarkan bentuk, persyaratan iklim, dan warnanya.

Secara umum, Anda dapat melihatnya dari dua kategori, yaitu Lumut Pleurocarpous dan Lumut Acrocarpus. Umumnya lumut Pleurocarpous tumbuh mendatar. Di sisi lain, lumut Acrocarpous memiliki pertumbuhan vertikal. Dengan demikian, lumut Pleurocarpous biasanya luas, sedangkan lumut Acrocarpous umumnya panjang.

Langkah 2: Temukan Lumut Asli

Langkah selanjutnya setelah memutuskan jenis lumut yang Anda inginkan adalah mencari tempat untuk mengambilnya. Biasanya, Anda dapat menemukan lumut yang Anda butuhkan melalui tiga cara.

Pertama, Anda bisa berjalan ke kebun tetangga dan meminta lumut. Ingat apa yang membedakan satu lumut dari yang lain, jadi Anda memilih jenis yang Anda inginkan. Kemudian, gunakan penggali untuk mengeluarkan lumut dari tanah.

Langkah 3: Siapkan Lumut

Jika Anda menanam di tanah, Anda hanya perlu menanam pada tahap ini. Namun, karena Anda ingin menanam di atas batu, Anda perlu menyiapkan lumut.

Tujuannya adalah untuk mengubah lumut menjadi bubur lumut. Dengan cara ini, lumut bisa berada dalam kondisi yang lebih baik untuk tumbuh di atas batu.

Langkah 4: Sebarkan Lumut

Pada tahap ini, yang perlu Anda lakukan adalah menuangkan larutan campuran pada batu pilihan Anda. Ini bukan hanya tentang menuangkan. Anda harus memastikan bahwa Anda menyebarkan larutan dengan benar pada batu tempat Anda ingin menumbuhkan lumut. Jika Anda ingin tumbuh lebih dari sekadar batu, kumpulkan batu-batu itu bersama-sama. Dan sabarlah, tunggu hingga tumbuh. [rad/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar