Iklan Banner Sukun
Ragam

Tips Tepat Mendapatkan Vitamin D Dari Berjemur

(Foto: Maria Lupan, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Sudah sejak lama kita diberitahu bahwa berjemur baik untuk kesehatan tubuh. Sebab, dengan berjemur kita bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari. Di masa pandemi, kebiasaan berjemur kembali digalakkan demi meningkatkan imunitas dalam tubuh.

Namun sampai sekarang banyak masyarakat berdebat tentang waktu yang tepat untuk berjemur. Sebagian bilang paling bagus setelah pukul 10, sebagian lagi mengatakan paling bagus pukul 8 pagi. Namun para dokter pun menjelaskan jika berjemur di waktu yang tidak tepat maka bukan khasiat yang didapatkan, malah bisa berdampak buruk.

Seperti ibaratnya kalau tujuan untuk mendapatkan vitamin D maka anjuran yang baik diatas pukul 10. Tetapi, dari sisi kesehatan kulit juga perlu dikhawatirkan karena ada resikonya. Sebab paparan sinar matahari diatas jam 10 pagi memang paling efektif memberikan ultraviolet B untuk meningkatkan vitamin D dalam tubuh.

Namun sinar UVB pada sinar matahari di waktu tersebut juga terlalu tinggi sehingga dapat menimbulkan kerusakan. Seperti flek atau tanning maka, ada baiknya terlebih dulu kulit diproteksi dengan sunblock.

Daripada kita memperdebatkan kapan waktu untuk berjemur beberapa dokter juga sudah menyarankan UV indeks sebagai pertimbangan waktu yang paling baik untuk berjemur. Berjemur cukup selama 15- 30 min ketika UV berada di angka tiga 3-7.

Di negara tropis seperti Indonesia sekitar pukul 9 pagi juga sudah cukup untuk berjemur itupun sudah dapat kadar vitamin D dalam Tubuh. Tidak perlu setiap hari untuk berjemur cukup dilakukan sebanyak 3 kali dalam satu minggu agar metabolisme vitamin D juga bisa lebih efektif, Dan juga harus waspada karena sinar UVA saat itu memiliki gelombang yang lebih panjang dan dapat menembus lapisan kulit lebih dalam.

Jika tidak hati-hati maka dampak terburuk dari Ultraviolet A ini dapat menyebabkan penuaan dini atau disebut photoaging. Nah jadi Anda tidak ingin kan kulit sehat Anda memiliki kerutan hingga menyebabkan penuaan, maka dari itu gunakan waktu berjemur saat jam 9 pagi selama 30 menit dalam 3 kali dalam seminggu. Semoga bermanfaat. (ptr/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar