Iklan Banner Sukun
Ragam

Tips Sederhana Semakin Mahir Bahasa Inggris dengan Mudah

Ilustrasi belajar bahasa Inggris.

Surabaya (beritajatim.com) – Bahasa Inggris sudah menjadi bahasa internasional. Bukan hanya itu, di beberapa tempat mengharuskan kita menggunakan bahasa inggris. Berbicara dengan Bahasa Inggris seringkali memicu perasaan takut, malu, cemas, kelihatan jelek, dan sebagainya. Itulah terkadang membuat kita minder walaupun berbicara dalam bahasa Inggris sangat penting.

Tetap mencoba berbicara meskipun terasa sulit

Segala sesuatu yang ingin kita pelajari harus dimulai dengan percaya diri dan mau untuk memulai. Latihlah diri berbicara Bahasa Inggris dengan sederhana tanpa kata-kata yang terlalu kompleks atau bahasa yang sulit. Selain itu, jika kesulitan dengan grammar kita bis kesampingkan sejenak.


Semisal sedang berbicara dengan orang yang menggunakan bahasa inggris, berikan respon bisa dengan kalimat atau pertanyaan pendek. Namun, ingat itu hanya untuk memulai, jika sudah berjalan beberapa kali, mulai kembangkan lebih dalam lagi.

Sering terlibat dengan sesuatu yang berbahasa Inggris

Sebenarnya belajar bahasa hanya bicara mengenai kebiasaan. Maka dari itu, kita perlu merubah beberapa kebiasaan seperti membaca buku berbahasa Inggris sambil diucapkan bukan di dalam hati, menonton film berbahasa Inggris, mendengarkan podcast dan siaran radio bahkan menulis menggunakan Bahasa Inggris. Ada hal yang lebih sederhana yang itu mengubah settingan hp dengan Bahasa Inggris.

Kebiasaan yang dilakukan mungkin tidak langsung membuat kita mempraktekan speaking, namun hal itu akan membuat kita jadi terbiasa. Cara lain yang dapat dilakukan adalah masuk dalam komunitas dengan bahasa inggris. Dengan adanya komunitas, kamu akan lebih mudah untuk belajar dan memahami bahasa dengan baik.

Temukan partner berbicara yang cocok denganmu

Dari komunitaslah, kamu akan lebih mudah menemukan teman yang cocok untuk berbicara. Ini menjadi hal penting untuk melatih secara langsung. Namun, jika saat ini belum dapat menemukan teman seorang native speakers tidak masalah.

Kamu bisa berlatih dengan teman non-native supaya bisa sama-sama belajar. Satu hal yang perlu diingat, bahasa adalah sesuatu yang harus dilakukan secara rutin supaya tidak mudah lupa, jadi seringlah untuk menggunakannya. (PRD/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar