Iklan Banner Sukun
Ragam

Tips Merawat Laptop Agar Bisa Bertahan Lama

(Foto: Junior Teixeira, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Laptop yang awet jadi dambaan semua orang, termasuk mahasiswa yang baru akan memulai kuliah. Laptop jadi kebutuhan wajib bagi kalian yang bekerja di kantor, atau mengerjakan tugas. Meski sekarang sudah banyak perangkat yang lebih ringkas untuk melakukan pekerjaan seperti tablet, tetapi laptop masih menjadi perangkat yang belum bisa tergantikan untuk pekerjaan-pekerjaan tertentu.

Mengingat fungsinya yang penting, memiliki laptop yang tahan banting dan bisa diajak kerja dalam kurun waktu lama menjadi kebutuhan. Namun, penggunaan yang kurang hati-hati sampai harus servis berkali-kali, atau mengalami kerusakan parah pasti menyebalkan. Jika masih mendambakan laptop yang bisa digunakan dalam jangka waktu lama, langkah berikut wajib dilakukan.

Jangan menaruh barang berat di laptop

Kebiasaan ini sebenarnya cukup sepele dan jarang kita sadari. Seringkali kita menaruh barang berat seperti tas, buku, atau yang lain di atas laptop. Padahal, ini sangat fatal bisa juga mengakibatkan kerusakan pada layar dan komponen lain..

Hindari Makan dan Minum dekat Laptop

Bagi kalian yang suka makanan ringan saat mengerjakan tugas, ini penting untuk diperhatikan. Hindari makan atau minum di dekat laptop, sebab cairan dan makanan yang tidak sengaja tumpah bisa mengenai keyboard, ini akan fatal jika sampai masuk ke komponen.

Jangan Meletakkan Laptop di Lantai

Lantai biasanya terdapat banyak debu yang beterbangan mungkin saja itu akan masuk ke dalam laptop. Resiko lain di laptop kalian taruh di lantai bisa terinjak. Apalagi bagi kalian yang hidup berdampingan dengan anak kecil dan binatang peliharaan.

Bersihkan laptop secara berkala

Agar awet, laptop kalian harus dibersihkan secara berkala. Karena Membiarkan laptop dalam keadaan kotor itu berarti memperpendek umur Laptop. Usahakan secara rutin bersihkan kalian membersihkan layar dan keyboard laptop. Guna membantu pembersihan kalian bisa gunakan cairan khusus pembersih laptop.

Jangan terlalu lama menyalakan Laptop

Sama seperti manusia, laptop juga butuh istirahat. Menyalakan laptop terlalu lama, atau menyalakannya nonstop tentu bukan hal yang baik. Sebab bisa mengakibatkan laptop kalian overheat dan mengakibatkan daya tahan laptop semakin berkurang. Jika memang hendak digunakan agak lama, sebaiknya gunakan cooling pad, tujuannya agar suhu laptop kalian tetap stabil.

Masih ingin bertahan lama dengan laptop kesayangan? Lakukan cara itu dengan konsisten dan berkepanjangan. (dan/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar