Iklan Banner Sukun
Ragam

Tips Mengelola Keuangan Agar Bisnis Kecil Bisa Berkembang

(Foto: Fauxels, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Memulai bisnis adalah hal yang mudah. Bahkan, di mana transaksi sudah banyak berjalan secara online, memulai bisnis tanpa modal pun sangat bisa dilakukan. Namun, apakah sebuah bisnis bisa bertahan dalam kurun waktu yang lama, itu beda cerita.

Baik bisnis dengan modal besar maupun yagn tanpa modal sekalipun, jika tidak diikiti dengan pengelolaan yang tepat, pasti tidak akan bertahan lama. Ia akan bangkrut akibat penglolaan yang kurang tepat. Bagi anda yang memiliki bisnis kecil atau baru membangun bisnis, beberapa tips ini penting untuk anda ketahui agar usaha anda bisa berkembang lebih baik.

Memahami pembukuan keuangan

Untuk mengatur dan mengelola pembukuan dengan efektif, setidaknya Anda membutuhkan lima buku akun terpisah yang mencatat setiap transaksi. Buku akun yang dibutuhkan diantaranya buku arus kas yang berisi catatan keluar dan masuk uang, kedua buku persedian barang, ketiga buku pembelian dan penjualan, keempat buku hutang piutang dan yang kelima ialah buku biaya dan pendapatan lain selain penjualan.

Pisahkan keuangan bisnis dengan keuangan pribadi

Seringkali seorang pembisnis mengalami kebangkrutan usaha kecil karena tidak melakukan pemisahan keuangan antara bisnis dengan keuangan pribadi. Jika Anda melakukannya maka keuangan Anda tidak jelas, anda bisa saja mengambil gaji dari keuangan pribadi begitupun sebaliknya,

Dengan anda tidak memisahkan antara keuangan pribadi dan keuangan usaha maka risikonya dapat menyebabkan kesalahan fatal yang dapat mengakibatkan gagalnya bisnis.

Merencanakan penggunaan uang dengan baik

Sebagai seorang pebisnis sebaiknya Anda tidak menghambur-hamburkan uang meskipun saldo kas bisnis Anda dalam posisi mempunyai dana yang lebih dari cukup, anda dapat menunda rencana rencana belanja modal jika tidak memberikan manfaat dalam meningkatkan penjualan. Selanjutnya, lakukan analisa cost dan benefit untuk menyakinkan bahwa penggunaan uang tidak akan sia- sia dan memberikan return Yang menguntungkan usaha.

Melakukan putaran kas secara efektif

Banyak usaha yang mengalami kesulitan walaupun catatan Akutansi mereka menunjukkan angka yang baik, namun hal ini disebabkan hanya karena anda berpusat pada keuntungan saja. Akan tetapi cara mengelola keuangan usaha anda tidak dimanajemen seperti halnya hutang, piutang dan Persediaan.

Memastikan perhitungan keuntungan

Menghitung keuntungan dengan benar sama pentingnya dengan menghasilkan keuntungan itu sendiri, dimana bagian paling Krusial dalam menghitung keuntungan adalah menghitung biaya-biaya yang keluar dan masuk.

Nah itulah tips mengelola keuangan untuk pembisnis kecil yang paling dasar, selain itu Anda juga bisa memanfaatkan pihak ketiga atau menggunakan software. belajarlah dari contoh kasus manajemen keuangan serta mengetahui ruang lingkup manajemen keuangan bisnis tersebut agar hasil usaha dapat efektif. (ptr/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar