Iklan Banner Sukun
Ragam

Tips Melepaskan Diri dari Perasaan Sakit Masa Lalu

Ilustrasi seseorang yang mencoba melupakan rasa sakit masa lalu dengan meluangkan waktu bersama orang yang peduli dengannya. (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Banyak hal yang dapat membuat seseorang menjadi trauma, stres, dan depresi hanya karena masih adanya perasaan sakit karena pengalaman masa lalu.

Hal ini tentu saja dapat memicu berbagai dampak negatif untuk diri sendiri, mulai dari terganggunya aktivitas sehari-hari hingga mempengaruhi kesehatan fisik dan juga mental. Tak ayal jika kamu perlu melepaskan diri dari rasa sakit tersebut.

Adapun beberapa tips belajar melepaskan diri dari penderitaan masa lalu, di antaranya;

Lakukan self talk dengan benar

Nyatanya tak semua self talk dapat membuat seseorang jadi lebih baik. Justru terkadang hanya menjadikan seseorang semakin terjebak. Jadi, yang perlu kamu pastikan untuk menghilangkan luka masa lulu ialah ubah self talk dengan kalimat-kalimat positif, seperti perasaan bersyukur pada hal-hal sederhana yang telah diberikan Tuhan.

Jaga jarak dengan orang toxic

Kamu tidak perlu ragu untuk menghindari orang-orang toxic. Menjaga jarak dengan orang yang kerap menyakiti justru bisa membuatmu merasa lebih aman. Secara psikologi hal ini juga dapat membantu seseorang untuk tidak memikirkan pengalaman-pengalaman buruk di masa lalu. Terlebih karena minimnya interaksi satu sama lain.

Lakukan aktivitas seperti biasa

Setelah mengubah self talk dan menjaga jarak dengan orang toxic, maka kamu cukup melakukan aktivitas sehari-hari seperti biasanya. Jangan lupa untuk menikmati setiap prosesnya. Karena perasaan bahagia saat melakukan sesuatu memungkin kamu untuk melupakan rasa sakit masa lalu.

Biarkan emosi tetap mengalir

Bukan berarti kamu dituntut untuk bahagia, hingga mengabaikan emosi-emosi negatif yang sedang kamu alami. Seperti perasaan sedih, kecewa, dan marah. Kamu hanya perlu membiarkan emosi tersebut tetap mengalir. Tidak perlu menahan atau bahkan menutupinya, hal itu hanya akan membuatmu semakin terjebak.

Terima ketika seseorang bahkan enggan untuk meminta maaf

Kamu tidak perlu menuntut seseorang untuk meminta maaf padamu. Menunggu mereka menyesali dan mengakui kesalahannya hanya akan membuatmu semakin teringat pada rasa sakit tersebut. Maka terima dan anggap saja mereka tidak akan pernah meminta maaf.

Luangkan waktu dengan orang yang peduli

Alih-alih mengingat orang yang pernah menyakiti, lebih baik kamu perbanyak luangkan waktu bepergian dengan orang yang peduli denganmu. Hal ini akan membantumu untuk melupakannya dan bahkan lebih mudah mensyukuri bahwa masih banyak orang yang sebenarnya sayang kepadamu.

Jika hal-hal tersebut masih tidak membuatmu merasa lebih baik, maka disarankan untuk berkonsultasi atau mencari bantuan profesional. (fyi/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev