Iklan Banner Sukun
Ragam

Tips Manajemen Waktu untuk Mahasiswa Tingkat Akhir, Skripsi Dijamin Cepat Jadi

Ilustrasi menggarap skripsi untuk tugas akhir kuliah. (Kevin Ku, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Manajemen waktu adalah salah satu faktor penting yang akan jadi penentu skripsi Anda dapat selesai cepat waktu. Manajemen waktu yang baik cepat mengantarkan Anda meraih keberhasilan dalam mengerjakan skripsi. Sebaliknya, manajemen waktu yang kurang baik akan membuat Anda lama mengerjakan skripsi.

Tidak jarang mahasiswa tingkat akhir merasa stress saat berhadapan dengan skripsi. Hal ini biasanya terjadi jika Anda tidak memiliki manajemen waktu dan perencanaan progres yang jelas. Agar terhindar dari stress mengerjakan skripsi, berikut ini tips manajemen waktu untuk Anda mahasiswa tingkat akhir.

Pertama, buat timeline di awal semester setelah mengambil mata kuliah skripsi.

Langkah pertama sebaiknya Anda sudah memiliki perencanaan yang jelas untuk perjalanan skripsi sesingkat mungkin. Rencana ini harus disesuaikan dan mengacu pada kemampuan yang Anda miliki. Rencana ini juga sebagai strategi agar mengerjakan skripsi dengan lebih tertata.

Kedua, buat skala prioritas.

Pada langkah ini, Anda harus menentukan mana dulu yang harus diselesaikan. Buat skripsi menjadi salah satu hal yang harus diprioritaskan dibanding kegiatan lain. Jika memang ada urusan lain, usahakan ada progress dalam pengerjaan skripsi. Anda sebaiknya membuat skala prioritas berdasarkan rutinitas harian.

Ketiga, tetap selalu berkomunikasi dengan dosen pembimbing.

Kurangnya komunikasi merupakan salah satu masalah saat skripsi tidak kunjung selesai. Semakin jarang Anda menghubungi dosen, biasanya Anda bisa makin tidak termotivasi. Jangan ragu dan malu bertanya pada dosen, karena merekalah yang akan membimbing Anda dalam pengerjaan skripsi.

Keempat, punya target bimbingan.

Anda mestinya punya target minimal bimbingan sama dosen, misalnya satu kali dalam seminggu atau tiga kali dalam bulan. Cara ini untuk diterapkan agar Anda terpacu untuk mengerjakan skripsi sesegera mungkin. Sehingga skripsi jadi cepat selesai.

Semoga manajemen waktu tersebut bisa jadi inspirasi Anda agar cepat selesai skripsian. Namun yang lebih penting, sejatinya bukan motivasi. Tetapi Anda harus memulai menulis skripsi dengan semangat dan proses. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar