Iklan Banner Sukun
Ragam

Tips Jitu Menulis Caption Menarik untuk Tingkatkan Sosial Media

(Foto; Austin Distel, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Menulis caption atau keterangan foto mungkin terkesan remeh. Sebab, hampir dari kita semua sudah akrab dengan kegiatan satu ini karena hampir setiap hari kita bermain di media sosial. Kita sudah biasa mengunggah foto di instagram atau facebook kemudian menuliskan apa saja di bawahnya.

Namun, jika anda adalah pembuat caption profesional seperti selebgram, admin media sosial, atau konten creator, perihal kalimat keterangan di unggahan media sosial ini menjadi penting. Sebab, caption menarik bisa menjadi salah satu cara meningkatkan engagement media sosial.

Di dunia media sosial yang semakin ramai informasi, foto biasanya menjadi daya tarik utama bagi para pembaca. Kata dan kalimat pertama di caption kemudian menjadi penunjang apakah pembaca akan lanjut mambaca atau lanjut scrolling.

Sehingga, efektifitas dalam membuat caption agar bisa menarik pembaca sejak kata atau kalimat pertama menjadi hal yang penting. Namun, meringkas dan menyampaikan informasi yang kaya lewat caption yang simpel dan menarik butuh sering latihan. Tidak perlu panjang namun, sederhana dan enak untuk dibaca.

Bahkan jika sebuah gambar bernilai seribu kata, masih membutuhkan keterangan untuk menarik pembaca. Gambar yang tanpa makna tidak mampu memberikan konteks dan menceritakan kisah pada pembaca, sehingga kurang menarik dilirik. Berikut ini beberapa cara guna menulis caption yang menarik dan simple di media sosial.

Pertama, caption harus menambahkan konteks pada gambar, bukan sekedar mengulang apa yang sudah dilihat pembaca. Ini dilakukan dengan membuat teks tetap pendek dan langsung.

Kedua, buat caption dengan satu hingga tiga kalimat dengan suara aktif yang sekiranya menarik minat pembaca. Biasanya, bahasa percakapan bekerja lebih baik ketimbang bahasa resmi yang kaku.

Ketiga, tulis caption seolah-olah Anda tentang berbicara dengan orang lain. Tujuannya agar pembaca merasa sedang Anda ajak bicara melalui tulisan. Untuk membuat caption seperti ini, Anda perlu memahami semua yang ditampilkan gambar. Sampaikan apa yang pembaca perlu diketahui pembaca, dan abaikan informasi yang tidak begitu penting.

Keempat, lengkapi caption dengan beberapa informasi dari foto. Mulai dari Waktu, lokasi, sumber, bagaimana foto diambil, atau hal lain. Kelima, teliti dan koreksi Anda harus lebih akurat. Periksa (dan periksa kembali) fakta dan detail lainnya yang mungkin menarik perhatian pembaca.

Guna menguji kemampuan meringkas dan menyampaikan informasi yang kaya lewat caption yang simpel dan menarik memang dibutuhkan banyak sekali berlatih. Jadi, untuk melakukan yang terbaik segera lakukan, jangan menunda. [dan/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar