Iklan Banner Sukun
Ragam

Tips Jitu Agar Daya Ingat Tetap Tajam

Sumber foto: Andrea Piacquadio/pexels.com

Surabaya (beritajatim.com) – Apakah ada diantara kalian yang seringkali meninggalkan barang sembarangan karena lupa? Atau bisa juga mengalami kesusahan dalam mengingat materi di sekolah? Faktor-faktor yang menyebabkan turunnya daya ingat sangat beragam, namun biasanya identik dengan bertambahnya usia. Seseorang yang sudah lanjut usia biasanya mengalami kondisi di mana berkurangnya memori, atau biasa disebut pikun.

Padahal, penyakit mudah lupa ini bisa disebabkan karena faktor genetika dan gaya hidup tidak sehat. Tak sedikit remaja atau masyarakat dengan usia yang tergolong muda sudah mengalami gangguan pada daya ingatnya. Hilangnya konsentrasi pun juga bisa menjadi alasannya.

Mudah lupa jika dibiarkan akan mengganggu penderita di berbagai aktivitas. Oleh karena itu, kami berikan sedikit tips yang mampu membantu meningkatkan daya ingat kalian, atau mungkin mencegah kalian untuk mengalami pikun di usia muda.

Asupan Nutrisi

Salah satu hal yang memiliki peran genting dalam kesehatan otak adalah asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Untuk menajamkan ingatan seseorang, otak memerlukan gizi seimbang yang maksimal. Seperti dengan mengonsumsi sayuran hijau, ikan, kacang-kacangan, teh hijau, dan lain-lainnya. Hindari juga minuman alkohol yang berlebihan karena akan membantu fungsi kognitif atau proses berpikir. Tak hanya itu, kurangi juga asupan gula, karena apabila berlebihan akan merusak memori otak dan mengurangi volume otak.

Olahraga

Memang malas rasanya untuk sekedar menggerakkan badan dari kasur yang lengket, apalagi untuk berolahraga yang membutuhkan waktu hingga 30 menit. Namun dengan olahraga yang rutin, bisa menjaga daya ingat dan konsentrasi seseorang dengan mendorong perkembangan sel saraf baru dan merangsang pelepasan zat biokimiawi yang berpengaruh pada kesehatan otak. Cukup lakukan olahraga ringan, misalnya jalan santai, jogging, atau berenang.

Latih Otak

Pisau akan semakin tajam apabila terus diasah. Begitu pula dengan otak yang bisa mati apabila tidak terus diasah dengan pengetahuan dan kemampuan baru. Latihlah otak secara rutin untuk menjaga otak berfungsi dengan baik, bisa dengan bermain puzzle, menghafal gambar, bermain alat musik atau bermain catur. Sempatkan untuk melakukan meditasi agar otak beristirahat dan mampu mengatur memorinya dengan sempurna.

Cukup Tidur

Hal-hal di atas bisa menjadi sia-sia apabila kalian tidak memiliki pola tidur yang berantakan. Butuh waktu hingga 9 jam untuk orang dewasa terlelap setiap malam. Apabila kebutuhan tidur tidak terpenuhi dan otak menjadi lelah, maka kalian bisa kehilangan daya ingat, kreativitas, dan keterampilan serta kemampuan bersikap kritis. Tidur sesungguhnya dibutuhkan untuk konsolidasi memori yang aktivitasnya dapat meningkatkan memori utama saat tidur nyenyak.

Itulah beberapa hal sederhana yang perlu dilakukan agar daya ingat kita tidak menurun. Daya ingat yang luar biasa akan membuat seseorang cerdas karena pengetahuannya yang tidak luntur. [mnd/but]

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar