Iklan Banner Sukun
Ragam

Tips Gaya Hidup Minimalis, Bukan Tentang Harta Tetapi Nilai Kehidupan

Ilustrasi hidup sederhana (pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Makna gaya hidup minimalis itu berbeda bagi setiap orang. Ada yang berarti dapat membayar pinjaman mahasiswa lebih cepat, memberikan lebih banyak perhatian kepada orang yang dicintai, dan merencanakan kehidupan yang memiliki tujuan berarti.

Apapun itu, jika kita mendapatkan kebahagiaan, hidup yang sehat, dan kedamaian saat mulai menjalankan gaya hidup sederhana, maka itulah kuncinya.

Meskipun takaran hidup sederhana setiap orang berbeda, namun bagi kamu yang ingin memulai bisa dengan mengikuti beberapa tips hidup sederhana berikut ini.


1. Sumbangkan barang-barang yang tidak perlu

Punya barang yang banyak membutuhkan tenaga yang lebih ekstra juga untuk mengurusnya. Lebih baik mulailah mengurangi barang yang tidak perlu untuk menjaga ‘timing’ dalam hidupmu. Secara pribadi beberapa orang lebih memilih untuk menyumbangkan barang-barangnya kepada organisasi nirlaba.

Coba mulai mengurutkan daftar barang yang kurang perlu, seperti beberapa item pakaian yang tidak pernah dipakai selama berbulan-bulan. Logikanya jika kita tidak menyukainya, maka kita tidak menyimpannya. Untuk pencegahan lebih lanjut, coba meninjau isi lemari pakaian sebulan sekali dan menyingkirkan yang tidak diperlukan.

Jangan ragu dan takut menyesal dalam langkah ini. Sebab terkadang barang-barang itu tidak terlalu berarti seperti yang kita pikirkan. Lagipula dengan mengurangi barang, rumah kita akan terasa lebih lega.

2. Matikan semua notifikasi di ponselmu

Sebagian besar pengguna smartphone pasti banyak meluangkan waktunya untuk sekadar ‘scroll’ timeline media sosial, seperti Instagram dan Twitter. Percaya atau tidak aktivitas yang sudah menjadi kebiasaan itu terkadang terlalu banyak membuang-buang waktu kita. Sehingga dapat membelokkan kita dari hal-hal yang harusnya diprioritaskan seperti belajar atau bersosialisasi dengan tetangga.

Satu-satunya notifikasi yang harus tetap dinyalakan adalah aplikasi pesan teks, seperti WhatsApp ataupun Line. Notifikasi dari email, berita, media sosial, dan semua aplikasi tambahan lainnya lebih baik dibuka jika memang ada perlunya.

3. Coba targetkan beberapa hari hidup tanpa aplikasi media sosial

Banyak testimoni dari orang-orang yang mencoba hidup sederhana merasa lebih bahagia ketika mereka menghapus aplikasi media sosial. Tidak harus selamanya, kamu bisa menargetkannya selama beberapa hari sampai dirasa cukup.

Mungkin pada awalnya akan terasa bosan pada beberapa kesempatan. Untuk menghindari hal itu, coba alihkan pada kegiatan lain seperti belajar mengapresiasi musik yang kita dengarkan di peron kereta.

Kita akan menjadi lebih terbiasa dan peka dengan dunia di sekitar. Pada akhirnya ketika beberapa hari itu berakhir, kamu akan menyadari bahwa tidak ada informasi gawat yang kita lewatkan dari media sosial.

4. Mulai perbaiki pola makan yang sehat dan sederhana

Pilih menu makanan yang sederhana dan tetap sehat untuk dikonsumsi. Tinggalkan menu-menu viral yang sering digemborkan ‘mukbangers’, sebagian besar menu makanan yang viral biasanya mengandung banyak gula dan rasa pedas yang membakar.

Dengan mengolah makanan yang sederhana sendiri, seperti omelette sayur, tumis kangkung, maupun ayam kecap, kita bisa menyingkat waktu berbelanja dan memasak, serta mengurangi pengeluaran makanan bulanan.

5. Perbanyak wawasan dan pengalaman dengan membaca

Sebagai seseorang yang mulai belajar memahami kehidupan sederhana, kegiatan membaca adalah sebuah kewajiban. Tidak harus membeli buku, kita bisa memulai dengan membaca artikel menarik seputar kehidupan atau artikel mengenai lifestyle seperti artikel yang kamu baca sekarang.

6. Sederhanakan keuanganmu

Salah satu manfaat besar menjalani kehidupan sederhana adalah memiliki biaya bulanan yang terkontrol. Kamu bisa membuat sistem pengelolaan uang yang sederhana sehingga tidak perlu khawatir harus melunasi hutang yang jatuh tempo dengan bunga yang rumayan besar tiap bulannya.

Maksud dari keuangan yang sederhana adalah termasuk membuat anggaran, membangun dana darurat, dan berinvestasi dengan dana dingin.

Kita bukan hanya belajar untuk membelanjakan uang dengan pertimbangan, tetapi juga menghilangkan kecemasan finansial.

Itulah enam tips untuk menjalani kehidupan yang sederhana. Memang tidak mudah pada awalnya, namun jika kita berusaha untuk konsisten maka tidak mungkin kehidupan yang sederhana akan menjadi sebuah pilihan yang membahagiakan untuk jangka panjang. (Kai/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev