Iklan Banner Sukun
Ragam

Tips Berpuasa untuk Penderita Diabetes, Lakukan Hal Ini atau Tambah Parah!

Ilustrasi minuman manis saat bulan Ramadhan. (bady abbas, Unplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Setiap memasuki bulan Ramadhan, banyak orang yang menyarankan untuk berbuka puasa dengan hidangan yang manis.

Makanan atau minuman manis dianggap sebagai imbalan yang pantas setelah seharian menahan lapar dan haus. Terlebih karena mulut yang terasa pahit.

Banyaknya kudapan manis yang disajikan ketika bulan Ramadhan juga perlu diwaspadai. Jika berlebihan dalam mengonsumsinya, tentu dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh secara signifikan.

Terlebih para penderita diabetes harus benar-benar mengawasi pola makannya, terlepas itu di waktu sahur maupun berbuka.

Adapun beberapa tips untuk penderita diabetes agar kadar gula darahnya tetap stabil di bulan puasa, di antaranya;

Minum minuman manis tidak lebih dari satu gelas

Entah alasan cuaca yang terlalu panas atau bahkan memang tak kuat menahan haus. Pada dasarnya minum minuman manis tetap diperbolehkan, hanya saja tidak disarankan untuk berlebihan.

Misalnya mengonsumsi sirup, es buah, atau minuman manis lainnya, lebih baik mengonsumsinya tidak lebih dari satu gelas. Jika dirasa masih haus, bisa dialihkan dengan minum air mineral atau sesuatu yang tawar.

Meminimalisir makan makanan manis

Kolak pisang, biskuit, hingga kue kering yang terlalu manis, sebaiknya dihindari. Terlebih bagi Anda yang memiliki gejala diabetes ringan maupun berat.

Meminimalisir makan makanan manis bisa dengan cara mengurangi jumlah konsumsinya atau bahkan dengan mengalihkan pada makanan lain yang kandungan gulanya lebih sedikit.

Luangkan untuk tetap sahur

Makan sahur tidak hanya dapat berfungsi sebagai sumber energi ketika tubuh sedang berpuasa. Namun juga agar kadar gula darah tidak lantas turun drastis.

Karena kurangnya kadar glukosa dalam tubuh juga dapat memicu timbulnya gejala penyakit lain. Tak ayal, gula darah perlu dikontrol, salah satunya dengan meluangkan diri untuk sahur.

Hindari makan berlebihan

Meski terasa sangat lapar ketika sedang berpuasa, namun tetap saja tidak disarankan untuk makan berlebihan, entah itu ketika sahur maupun berbuka.

Tidak hanya berisiko sakit perut, makan makanan yang berlebih juga dapat memicu timbulnya berbagai jenis penyakit.

Ada baiknya jika makanan dibagi menjadi beberapa porsi. Meski sedikit-sedikit namun bila dilakukan dengan frekuensi yang lebih sering dipercaya lebih baik untuk kesehatan. (fyi/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar