Iklan Banner Sukun
Ragam

Tips Agar Freelencer Tetap Produktif, Lakukan Cara Ini!

Seorang freelencer yang tengah bekerja di rumah. (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Menjadi freelencer kerap kali dinarasikan sebagai pekerja dengan jam yang fleksibel, ia menjadi bos untuk mengelola waktunya sendiri. Terdengar cukup menggiurkan, jika anda membayangkan dari sisi kebanyakan orang memandang. Seperti: tidak perlu bermacet-macetan di jalan, berburu waktu, pekerjaan yang bisa dikerjakan dimanapun dan kapanpun.

Tapi, jika anda hanya fokus pada itu, kesenangan yang anda kira bisa jadi bu,erang untuk anda sendiri. Banyak orang tersandung karena ia lengah akan kelonggaran yang ia miliki. Inilah tanggung jawab besar freelencer sebenarnya, kemampuan mengelolah manajemen diri dan waktu yang ada. Ini penting agar waktu yang dipunya bisa lebih produktif.

Berikut tip yang bisa freelencer lakukan supaya tetap produktif dalam bekerja.


Tentukan jam kerja

Meski sejatinya tidak ada aturan baku yang mengatur jam kerja seorang freelencer. Namun, anda harus mengambil inisiatif untuk mengatur jam kerja anda. Ini penting agar ada garis antara waktu bekerja dan waktu luang.

Menentukan target

Sama seperti pekerja kantor pada umumnya, freelencer juga memiliki setumpuk pekerjaan yang harus dikerjakan. Memberi target akan membantu kamu untuk memotivasi hari. Dengan target, kamu memiliki alasan kenapa harus bangun lebih pagi. Tanpa target kamu bisa berakhir bekerja sekenanya, lalu di akhir deadline pekerjaan jadi menumpuk.

Membuat daftar kerja

Memang benar, menjadi freelencer, terkadang membuat kita bebas menentukan kapan harus mengerjakan sesuatu. Tapi, memiliki daftar kerja setiap harinya akan membuatmu lebih fokus dan terarah. Ini bisa memangkas waktu yang terbuang seperti untuk memikirkan hal-hal apa yang harus dikerjakan di hari itu.

Patuh pada jadwal yang dibuat

Daftar pekerjaan yang kamu buat bukan untuk sekadar jadi pajangan. Meski terkesan dipaksa. Patuh dan disiplin dengan jadwal yang dibuat akan membuatmu mendapatkan waktu luang lebih berkualitas.

Istirahatkan otak

Meski freelencer adalah pekerjaan dengan jam kerja yang fleksibel. Anda tetap butuh waktu dimana sehari penuh anda tidak terjebak dalam pekerjaan. Itulah mengapa penting untuk patuh pada aturan yang dibuat, agar anda punya waktu istirahat penuh tanpa terganggu dengan pekerjaan.

Ketahui pekerjaan mana yang memiliki nilai besar

Menjadi freelencer dengan iming-iming jam kerja fleksibel kadang membuat kita terlena dan menunda pekerjaan penting untuk hal-hal yang kurang bernilai. Akhirnya, waktu kita jadi terbuang banyak.

Tidur siang

Banyak yang menganggap tidur siang adalah bentuk kemalasan. Namun, ada banyak manfaat dari tidur siang. Meski hanya berlangsung singkat, katakanlah hanya 15 menit. Tidur siang bisa membuat bada kembali vit dan produktivitas meningkat.

Itulah beberapa tip bagi freelencer agar tetap poroduktif meskipun pekerjaan bisa dilakukan suka-suka dan tanpa jadwal pasti. (Jhn/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar