Iklan Banner Sukun
Ragam

Tips Agar Anak Tidur Nyenyak, Salah Satunya Dengan Memadamkan Lampu

Ilustrasi anak yang tidur nyenyak (Georgia Maciel, Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Kebutuhan anak untuk tidur umumnya akan berkurang sesuai dengan bertambahnya usia. Pada bayi baru lahir atau kurang dari satu tahun biasanya tidur 16-22 jam sehari. Pada tahun berikutnya mereka membutuhkan waktu tidur sekitar 12-16 jam.

Namun, tak semua bayi bisa tidur sesuai dengan kebutuhan usianya. Hal ini tak ayal membuat para orang tua kerap khawatir. Sebenarnya ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar anak bisa nyenyak dan kebutuhan tidurnya tercapai.

Penuhi asupan nutrisi

Untuk membuat anak tidur nyenyak, para orang tua bisa terlebih dahulu memenuhi asupan nutrisinya. Baik dari segi makanan maupun minuman. Hal ini tentu saja berguna agar perasaan lapar dan haus tidak muncul saat anak sedang tertidur.

Beri tempat yang nyaman

Memberikan tempat tidur yang nyaman juga menjadi faktor penentu anak dapat tidur nyenyak. Maka sebaiknya orang tua terlebih dahulu membersihkan sekaligus merapikan tempatnya, sebelum anak benar-benar beranjak tidur. Nyaman dalam hal ini juga bisa berarti dijauhkan dari suara berisik, hingga suhu ruangan yang stabil.

Bersihkan diaper

Jika memang diperlukan, anak boleh saja menggunakan diaper ketika tidur. Hanya saya sebaiknya diganti terlebih dahulu, terlebih jika sudah penuh. Hal ini dilakukan agar tidak mengganggu waktu tidur bayi. Karena proses mengganti atau membersihkan diaper akan membuatnya jadi tidak nyaman.

Biasakan tidur dengan lampu dipadamkan

Bayi umumnya belum mengetahui perihal siang dan malam. Sehingga para orang tua sebaiknya memberikan tanda bahwa jika lampu yang diredupkan berarti waktunya untuk tidur. Tidak lupa menciptakan suasana yang hening. (fyi/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar