Iklan Banner Sukun
Ragam

Tinggi Vitamin K, 5 Jenis Sayuran Ini Bisa Mencegah Pendarahan Hebat dan Pembekuan

Ilustrasi sayuran yang banyak mengandung vitamin K. (Pixabay)

Surabaya (beritajatim.com) – Sebagian makanan dan buah mengandung berbagai manfaat dan khasiat, hal itu diperoleh dari vitamin, kalium ataupun serat yang ada dibuah tersebut.

Salah satunya vitamin K yang larut dalam lemak, vitamin ini berfungsi untuk membantu proses pembekuan darah atau jika mengalami luka yang serius vitamin K dapat mencegah pendarahan hebat.

Selain itu, jika seseorang kekurangan vitamin K dapat terkena osteoporosis dan penyakit jantung. Tidak hanya itu, juga dapat menimbulkan sejumlah kondisi seperti memar hingga luka sulit sembuh. Berikut ketahui beberapa sayuran yang mengandung vitamin K.

1. Kale

Kale merupakan makanan yang mengandung vitamin K sebanyak 565 mcg dalam per ½ gelas. Umumnya menu ini bisa bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan vitamin harian Anda. Selain tinggi akan vitamin K, Kale juga kaya akan kalsium, kalium, hingga folat.

2. Bayam

Tidak hanya tinggi akan zat besi, bayam juga mengandung sekitar tiga kali lebih banyak vitamin K. Sayuran hijau ini memang terkenal akan kandungannya yang beraneka ragam, mulai dari vitamin A, B, E, dan magnesium, serta Folat

Bayam memiliki banyak senyawa tanaman yang dapat meningkatkan kesehatan, seperti lutein, kaempferol, nitrat, quercetin, dan zeaxanthin. Bayam dapat mengurangi stres oksidatif, meningkatkan kesehatan mata, melawan kanker, dan mengatur tekanan darah.

3. Paterseli

Makanan yang mengandung vitamin K berikutnya adalah peterseli. Daun peterseli masuk dalam jenis daun khas Mediteranian yang sangat menyehatkan yang mengandung 520 mcg /125 ml. Untuk mengonsumsinya Anda bisa menggunakannya sebagai lalapan.

4. Brokoli

Brokoli memang sayuran yang sangat populer, lantaran dapat diolah menjadi apa saja. Mulai dari capcay hingga untuk salad. Jenis sayuran ini menyimpan vitamin K 110mcg per ½ gelas, selain itu brokoli juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Seperti kalium, mangan, vitamin C, dan zat besi.

5. Lobak

Sayur lobak merupakan salah satu contoh makanan yang mengandung vitamin K. Sayur lobak bisa membantu kamu memenuhi nutrisi dan vitamin harian kamu, khususnya vitamin K. Sayur lobak mengandung 425 mcg per ½ gelas.

Itulah beberapa sayuran yang kaya akan vitamin K, sehingga dapat membantu mempercepat penyembuhan luka serta membekukan darah saat pendarahan hebat. (frs/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev