Ragam

Tinggi Badan Bermasalah, Inilah Faktor Hormonal Yang Mempengaruhi

(Foto: Monstera, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Tubuh ideal adalah impian yang bukan hanya diinginkan oleh kebanyakan wanita, namun pria juga memiliki keinginan sama. Tubuh ideal ternyata bukan hanya sebatas berat badan yang normal. Namun, tinggi badan yang sesuai.

Namun yang namanya pertumbuhan tentu saja tidak ada yang instan. Tentu saja membutuhkan proses dan waktu yang cukup panjang apalagi untuk mencapai pada tubuh yang ideal. Pada kenyataan, memang kita bisa menjaga tubuh ideal dengan berbagai cara, seperti olahraga, makan makanan yang bergizi dan mengkonsumsi suplemen peninggi badan.

Meski begitu, ternyata ada beberapa hal yang perlu kita ketahui mengenai pertumbuhan tinggi badan akan berhenti saat masa pubertas berakhir sehingga tentu saja, praktis orang dewasa sulit untuk bertambah tinggi badan. Alasannya karena setelah pubertas berakhir, lempeng tulang memunculkan tulang baru. Dari kemunculan tulang baru ini biasanya dimulai dari bagian tangan dan telapak kaki, lalu lengan dan kaki sedangkan pada area terakhir yang berhenti tumbuh, tulang belakang.

Tenyata ada faktor internal yang mempengaruhi Pertumbuhan Tinggi Badan:

Perubahan Hormon Yang Mungkin Terjadi

Bagian dari dalam diri yang mempengaruhi beberapa hal adalah hormon. Ternyata, hormon memiliki peran penting dalam menentukan tinggi badan.Faktanya, tubuh secara alami memproduksi hormon yang memicu pertumbuhan lempeng tulang pada masa pubertas. Hormon pertumbuhan memang paling penting diproduksi tubuh, khususnya pada kelenjar pituitari.

Hal ini dikarenakan hormon yang diproduksi oleh kelenjar pituitari membantu dalam mengatur pertumbuhan dan fungsi organ tubuh. Sedangkan, dalam kondisi kesehatan atau medis membutuhkan pembatasan jumlah hormon pertumbuhan sehingga berdampak pada melambatnya pertumbuhan tinggi badan.

DNA Yang Dibawa Sejak Lahir

Selain bisa menentukan siapa orang tua kita, DNA merupakan rangkaian molekul yang berisi informasi genetik mutasi sel biologi yang diwariskan secara turun-temurun untuk memahami garis keturunan kita. Buka hanya itu, DNA merupakan salah satu faktor penentu tinggi badan seseorang. Beberapa ahli sudah mengidentifikasi ratusan gen berbeda dalam menentukan tinggi badan manusia.

Terkesan Biasa, Namun Jenis Kelamin Menjadi Penentu

Seringkali kita menemukan jika pria tumbuh lebih tinggi dibandingkan dengan perempuan. Tentu saja, ini dipengaruhi oleh masa pertumbuhan laki-laki yang lebih lama dibandingkan dengan perempuan. Merujuk Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, rata-rata pria memiliki tinggi 175 cm, sedangkan wanita biasanya 161 cm. (prd/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar