Iklan Banner Sukun
Ragam

Tidak Suka Kopi? Coba Minuman Ini Agar Mata Tetap Melek dan Terjaga

(Foto: Jusfilm, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Kopi terkadang menjadi solusi saat harus bekerja di pagi hari, karena mata yang masih lengket dan terasa berat. Atau bisa juga menjadi teman saat harus lembut hingga larut malam.

Kandungan kafein memang diyakini bisa membuat otak lebih terjaga dan waspada. Hal ini berpengaruh pada mata yang menjadi tahan melek dan lebih segar. Dampaknya, kalian akan merasa memiliki banyak energi. Tapi tidak semua orang menyukai kopi.

Jangan khawatir, selain kopi, ada beberapa minuman lain yang bisa menjadi pengganti kopi saat mata harus tetap terjaga.

1. Air Lemon

Alternatif yang pertama, adalah dengan meneguk air lemon di pagi hari. Air lemon bisa berfungsi sebagai antioksidan karena memiliki kandungan vitamin C. Hal ini berdampak pada meningkatnya kekebalan tubuh serta proses produksi kolagen atau protein yang menyediakan struktur dasar kulit, tendon, dan ligamen.

Yang terpenting, air lemon tidak memiliki kandungan kafein dan kalori. Cukup dengan 1 sendok makan perasa lemon ditambah dengan 237 ml air, 10 persen dari kebutuhan vitamin C harian sudah terpenuhi.

2. Matcha

Bagi kalian yang sering merasakan efek kecemasan akibat meminum kopi, bisa coba menggantinya dengan matcha. Meski masih mengandung kafein, matcha juga mengandung L-theanin atau asam amino, dampaknya adalah pikiran menjadi lebih tenang namun tidak membuat mata mengantuk. Bersama dengan kafein, L-theanin juga baik untuk proses produksi efek kognitif positif terhadap perasaan, itulah yang membuat tidak timbulnya perasaan cemas.

3. Smoothies

Minuman yang berasal dari campuran buah-buahan ini tidak hanya memiliki banyak khasiat, namun rasanya yang lezat dan segar akan membuat kalian ketagihan. Kandungan karbohidrat, serat, dan antioksidannya tak hanya membuat mata kalian terbuka, namun juga menyehatkan tubuh. Menambahkan sumber protein seperti yogurt juga bisa membuat lebih kenyang.

4. Minuman cokelat hitam

Coklat telah dipercaya dapat menimbulkan perasaan bahagia dan senang saat memakannya. Ternyata, cokelat juga bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan rasa kantuk. Cokelat hitam memiliki kandungan endorfin yang cukup tinggi, ini kah yang membuat tubuh menjadi lebih berenergi. Dampak lainnya, otak bisa lebih fokus, cocok sebagai minuman di pagi hari untuk memulai pekerjaan.

Nah bagaimana? Ternyata tak hanya kopi saja yang bisa membuat mata menjadi melek. Tertarik untuk mencoba minuman di atas? (mnd/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar