Iklan Banner Sukun
Ragam

Tidak Hanya Melawan Pandemi, Inilah Dokter Pejuang Kemerdekaan Indonesia

(Foto: Hush Naidoo, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Dalam kondisi pendemi seperti sekarang ini, para dokter dan tenaga kesehatan memiliki peran yang sangat penting. Mereka terus berjuang menyelamatkan nyawa demi nyawa masyarakat. Selain juga terus melakukan penelitian untuk melawan virus yang terus bermutasi. Mereka adalah pahlawan dalam pertarungan melawan penyakit.

Dalam sejarahnya, kemerdekaan Indonesia juga tidak lepas dari perjuangan para dokter. Mereka tidak saja meningkatkan taraf kesehatan masyarakat tetapi juga turut berjuang, turun lapangan, untuk melawan penjajah. Siapa saja deretan pahlawan Indonesia yang memiliki latar belakang dokter?

Dokter Wahidin Soedirohoesodo

Dokter Wahidin ini dikenal sebagai penggagas organisasi yang bernama Budi Utomo. Menurut dokter Wahidin cara membebaskan diri dari para penjajah adalah masyarakat harus cerdas. Salah satunya dengan cara masyarakat harus sekolah dan menempuh pendidikan yang layak. Sebagai Pejuang dimasanya dokter Wahidin sering sekali mengobati rakyat tanpa meminta bayaran. Dengan keikhlasan nya sebagai dokter, Dokter Wahidin cukup terkenal di kalangan dunia kesehatan di mana menjunjung tinggi Integritas sebagai seorang dokter adalah mengobati masyarakat.

Dokter Tjipto Mangoenkoesoemo

Dokter cipto Mangunkusumo dikenal masyarakat sebagai salah satu dari tiga Serangkai dan pendiri Indische partij. Bersama dengan dua orang lainnya yaitu Douwes Dekker dan ki Hajar Dewantara mereka mendirikan organisasi politik yang pertama kali mencetuskan ide pemerintahan sendiri di penduduk setempat bukan dikuasai oleh Belanda.

Dikenal sebagai dokter dan pejuang. Maka salah satu rumah sakit di daerah Jakarta pusat menggunakan namanya sebagai rumah sakit umum pusat nasional dokter Cipto Mangunkusumo.

Dokter Soetomo

Dokter Sutomo juga dikenal sebagai pendiri dari organisasi yang bernama Budi Utomo pada tahun 1911 ia telah lulus dan bekerja sebagai dokter pemerintah di berbagai daerah. ia berhasil membasmi wabah yang menyerang Indonesia pada saat itu yaitu wabah pes. selain menjadi dokter ia juga turut aktif berpolitik dan aktif di bidang wartawan.

Kanjeng Raden Tumenggung radjiman wedyodiningrat

Raden Tumenggung juga pernah terlibat pada organisasi Budi Utomo dan ia pernah menjadi ketua pada tahun 1914 sampai 1915. Raden Tumenggung juga pernah menjadi ketua dari BPUPKI (ketua badan Penyelidik Usaha persiapan kemerdekaan Indonesia). Ia merupakan seseorang yang pernah mengajukan pertanyaan soal apa dasar negara Yang kemudian dijawab oleh Soekarno dengan nama Pancasila

Mayor Jendral TNI (purn) Prof.Dr.Moestopo

Doktor Moestopo merupakan lulusan dari pendidikan sekolah kedokteran gigi di Surabaya dalam sejarahnya ia sempat menjadi dokter gigi untuk mengobati orang orang Jepang di Indonesia. Tetapi, pada akhirnya Doktor Moestopo memilih untuk mengikuti pelatihan perwira tentara.

Di samping melakukantugas ketentaraan, dokter Moestopo juga mendirikan tempat pengobatan bernama Doktor Moestopo dental college yang terus berkembang menjadi sebuah universitas. Ia juga mendirikan juga universitas bernama universitas moestopo di Jakarta.

Nah itu dia pahlawan Indonesia yang berperan sebagai dokter pada jaman penjajahan (ptr/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar