Iklan Banner Sukun
Ragam

Tidak Ada Menang Kalah, Inilah 5 Alasan Mengapa Hidup Bukan Perlombaan

Ilustrasi kehidupan bukan ajang perlombaan (Helena Lopes, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Dalam hidup, rasa ingin untuk selalu berkompetisi itu pasti selalu ada. Namun, ada beberapa alasan mengapa hidup bukan ajang untuk perlombaan. Alasan ini sekaligus bisa jadi cara jitu agar Anda bisa hidup bahagia. Berikut ini beberapa alasannya.

Perjalanan hidup tiap orang berbeda

Setiap manusia pasti punya jalan hidup sendiri-sendiri dan tidak bisa langsung disamakan semua. Apa yang terjadi dalam kehidupan Anda itu tidak bisa untuk dibandingkan dengan perjalanan hidup orang lain. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu berlomba dengan orang lain dalam kehidupan. Jangan lupa juga untuk selalu bersyukur.

Tujuan hidup setiap orang berbeda

Tiap orang punya tujuan hidup yang beda-beda. Setiap orang pasti punya cara tersendiri untuk mencapai kebahagiaannya.

Namun definisi bahagia setiap orang juga berbeda, ada yang memiliki banyak harta namun dia tidak bahagia dan ada juga bahagia dengan adanya keluarga harmonis.

Berlombalah dengan diri sendiri

Meskipun tak memandang hidup sebagai ajang perlombaan bukan berarti jiwa kompetitif kita menjadi hal yang tidak penting lagi.

Namun, hal yang perlu lebih sering dilakukan yaitu berlomba dengan diri sendiri. Hal ini penting demi kepribadian dan skill-mu terus lebih baik.

Tidak ada kalah atau menang dalam proses berkehidupan

Proses dalam menapaki jalan hidup yang dijalani terjadi begitu saja tanpa keputusan. Anda tidak lantas menjadi orang yang kalah atau pecundang jika gagal.

Sebaliknya tidak ada hal yang Anda harus menangkan dalam hidup. Di kehidupan yang diingat oleh orang hanyalah perbuatan baik Anda selama masih hidup.

Tidak bisa menikmati hidup

Sulit agar dapat menikmati hidup jika setiap saat Anda hanya mencemaskan masa depan kehidupan. Anda juga akan terus dihantui rasa cemas sepanjang waktu dan selalu merasa takut ketinggalan oleh teman seumur yang sudah lebih sukses dibanding diri Anda sendiri.

Fokuslah menjalani hidup sendiri, tidak perlu saling membandingkan diri dengan orang lain. Karena hidup bukanlah ajang kompetisi atau perlombaan dengan orang lain. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar