Iklan Banner Sukun
Ragam

Tiba-tiba Mata Berair, Inilah Penyebab dan Cara Mengatasinya!

(Foto: Cottonbro, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Air mata tidak selalu mengalir karena menangis. Seperti juga hujan tidak selalu turun karena ada mendung. Dan mendung pun tak selalu hujan. Begitu juga air mata. Umumnya ia memang keluar akibat menangis atau sedih. Kadang juga karena bahagia, haru. Namun, tidak jarang air mata tetiba mengalir meski kita tidak sedang sedih ataupun bahagia.

Ternyata, ada beberapa hal yang menyebabkan itu terjadi dimulai dari Faktor cuaca atau lingkungan, seperti asap, angin, atau sinar yang terlalu terang. Kondisi mata yang terlalu lelah, terkena paparan benda asing atau bahan kimia di mata, mengalami flu atau infeksi pada mata, kemasukan bulu mata dan efek samping obat-obatan atau terapi radiasi. Mata berair tiba-tiba dapat dikaitkan dengan usia. Biasanya yang sering mengalami hal ini adalah bayi dan orang berusia di atas 60 tahun.

Walaupun terlihat biasa, tapi hal ini tidak boleh disepelekan. Ternyata mata berair bisa disebabkan penyakit karena sering atau terlalu lama menatap laptop atau gadget. Jadi hal yang membuat mata berair saat kelenjar pada kelopak mata memproduksi sedikit air mata.

Air yang dihasilkan berfungsi untuk melembabkan sehingga menghilangkan benda-benda asing pada mata. Bukan hanya itu, kelopak mata juga memiliki kelenjar yang memproduksi minyak sehingga mencegah air mata menguap terlalu cepat.

Dampak yang disebabkan dari mata berair adalah mata kering sehingga kinerja dari kelenjar yang memproduksi minyak tidak berjalan baik. Itulah yang air mata cepat menguap dan lebih cepat mengering. Selain itu, mata kering merangsang produksi air mata bekerja extra untuk melembabkan. Namun tidak berjalan baik karena adanya penyumbatan pada saluran air mata.Bahayanya jika mata berair berlangsung terus-menerus akan mengganggu aktivitas sehari-hari dan perlu ditindaklanjuti dengan bantuan tim medis.

Cara Mudah Untuk Mengatasi Masalah Mata Berair

Kita bisa melakukan dengan cara mengompres mata dengan handuk basah selama beberapa kali. Sedangkan untuk lebih mudah dengan menggunakan obat tetes air mata supaya mencegah mata kering dan membuat mata berair. Manfaat dari obat tetes air mata adalah meredakan gejala iritasi mata ringan, seperti mata merah, gatal, atau kering yang disebabkan oleh paparan asap dan debu. (prd/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar