Iklan Banner Sukun
Ragam

Tiba-Tiba Lampu Motor Redup, Ini Penyebabnya

(Foto: Sourav Mishra, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Lampu menjadi salah satu bagian yang esensial keberadaannya di sepeda motor. Saking pentingnya, sampai dibua peraturan bahwa lampu sepeda motor harus selalu menyala ketika dikendarai. Selain berfungsi sebagai penerang dan penanda ketika kendaraan berada di jalan yang minim penerangan, lampu juga berfungsi sebagai penanda ketika sepeda motor hendak menyalip kendaraan lain.

Maka dari itu, kita perlu memastikan jika lampu motor berada pada keadaan yang benar-benar terang. Ketika mulai redup, cobalah untuk mencari tahu penyebabnya karena ada beragam. Faktanya, lampu motor dapat meredup kapan saja. Hal ini yang membuat kita perlu melakukan perawatan dan mengecek kinerja komponen motor yang satu ini.

Namun, lampu motor mulai meredup bukan sesuatu yang cukup berbahaya. Hanya saja kita perlu mengetahui penyebab dari lampu yang redup.

Ada Kesalahan pada Kualitas Bohlam Lampu

Walaupun terlihat sepele, tapi kualitas bohlam pada motor memberikan terang atau redupnya sinar lampu motor. Saat bohlam pada motor sudah sesuai dengan standar pabrik yang biasa dipakai, lebih baik menggunakan produk original untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Biasanya, standar pabrikan lampu pada motor mulai dari 24 watt 12 volt, 35 watt 12 volt, maupun 55 watt 12 volt. Sedangkan ketika motor menggunakan lampu LED dan masih redup, tentu saja itu bukan karena kualitas lampu, tapi kesalahan pemilihan lampu.

Kondisi dari Mika Lampu atau Reflektor Buram

Tidak berbeda jauh dengan produk elektronik maupun otomotif lainnya, mika lampu atau reflektor memiliki masa pakai. Ketika masa pakai reflektor motor dirasa sudah habis atau sudah lama dipakai, maka sinar yang keluar dari lampu motor akan terlihat redup.

Masa pakai ini dapat dilihat dari umur motor ketika semakin tua, mika lampu motor berubah menjadi semakin buram. Jika sudah seperti itu, cara yang bisa dilakukan adalah mengganti reflektor. Namun, kita perlu memastikan jika sparepart yang digunakan merupakan sparepart original dan sesuai jenis motor.

Keadaaan dari Saklar Lampu Kotor

Percaya atau tidak, Saklar lampu adalah komponen yang tidak kalah penting namun sering dilupakan. Biasanya masalah yang terjadi pada saklar lampu merupakan penyebab redupnya pancaran sinar lampu motor.

Sama dengan komponen lainnya, masalah ini timbul akibat masa pakai yang sudah lama serta kurang perawatan. Lamanya masa pemakaian membuat saklar kendor, sehingga sinar menjadi kurang stabil sehingga terang-redup secara bergantian.

Bukan hanya itu, debu dan karat pada saklar lampu menjadi pemicu redupnya sinar lampu karena arus listrik terhambat sehingga berpengaruh pada jenis motor keluaran terbaru. [prd/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar