Iklan Banner Sukun
Ragam

Tesla bikin Humanoid, Bagaimana Kecanggihannya?

Humanoid robot Tesla (sumber : CNET)

Surabaya (beritajatim.com) – Terlihat dari gambaran fisik yang disajikan oleh Elon Musk, pemilik perusahaan Tesla. Robot Humanoid ini memiliki tinggi sekitar 1,7 meter, berat 125 pon, juga mampu mengangkat beban sekitar 20 kilogram. Kecepatan yang dimiliki robot ini adalah sekitar 8 kilometer per jam.

Elon Musk menjelaskan jika robot ini dirancang dengan memiliki layar yang berfungsi seperti wajah manusia. Layar itu yang akan menampilkan berbagai informasi yang berguna. Dalam berita yang dikutip dari Washingtonpost beberapa kecanggihan robot ini saat nanti sudah siap dipasarkan meliputi hal berikut.

Menerima dan Merespon Perintah

Robot humanoid ini mampu menerima dan merespon perintah manusia dengan instruksi suara dalam melakukan pekerjaan. Ia bisa melakukan respon itu hanya dengan mendengar suara dari manusia

Musk mengatakan Tesla akan mulai merakitnya dengan pemberian lima jari pada masing masing tangan robot itu. Ia juga menjelaskan akan memperbaikinya jika dibutuhkan.

Penciptaan robot ini merupakan bagian dari ambisi perusahaan yang lebih luas dalam otomatisasi, yang mencakup membangun chip komputer dengan sebutan D1.

Elon Musk menerangkan jika robot humanoid ini sebagai proyek jangka panjang dari perusahaan Tesla guna membangun kendaraan otonom (self-driving). Untuk memberi daya pada jaringan kendaraan yang diharapkan suatu hari dapat mengemudi sendiri. Robot akan menggunakan chip komputer yang sama, dan bernavigasi dengan delapan kamera, yang dilakukan pada kendaraan Tesla.

Ramah dan Siap Menjalankan Tugas Berbahaya

Robot ini memang diciptakan salah satunya dimaksud untuk membantu manusia dalam mengerjakan tugas-tugas berbahaya. Robot ini juga mampu mengerjakan hal yang berulang dan membosankan bagi manusia. Meskipun begitu, robot ini dirancang untuk bekerja sama dengan manusia.

Musk mengakui jika konsep perancangan masih dalam tahap awal, ia mengatakan bahwa robot akan memiliki kepribadiannya sendiri, yakni menjadi robot yang ramah dan membantu aktivitas manusia. Namun, robot ini juga dirancang dengan kekuatan dan kemampuan yang tidak akan melebihi kekuatan manusia.

Meski memiliki manfaat yang baik, namun tidak dapat dipungkiri keberadaan robot humanoid akan berdampak tidak baik pada perekonomian.

Menurut Musk robot tersebut akan memberikan dampak yang signifikan terhadap perekonomian. Pekerjaan fisik akan menjadi pilihan di masa depan, ia juga memperingatkan bahwa teknologi dapat menghilangkan pekerjaan banyak orang, sehingga beberapa manusia akan membutuhkan sumber pendapatan lain. [dan/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar