Iklan Banner Sukun
Ragam

Tertarik Studi di Luar Negeri? Negara Ini Gratiskan Biaya Pendidikan

(Foto: Wonderlane, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Jika Indonesia memiliki program wajib belajar 12 tahun, beberapa negara ini juga punya program hampir serupa. Bahkan, ada yang benar-benar gratis hingga tingkat perguruan tinggi. Terlebih lagi, kemudahan ini juga bisa dinikmati oleh mahasiswa internasional. Bagi kalian yang punya mimpi lanjut studi di luar negeri, beberapa negara ini bisa jadi tujuan.

Finlandia

Negara Finlandia sangat terkenal dengan kualitas pendidikan top dunia. Ternyata di Finlandia semua jenjang pendidikan dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi sepenuhnya

gratis. Bahkan, untuk jenjang S1 hingga S3, kebijakan kuliah bebas biaya juga diberikan kepada Internasional. Bukan hanya itu, pemerintah Finlandia juga mencukupi biaya hidup, dan membebaskan mahasiswa asing untuk bekerja paruh waktu dengan durasi maksimal 20 jam seminggu.

Swedia

Swedia tidak kalah menarik dengan Finlandia urusan pendidikan. Pemerintah Swedia menggratiskan seluruh sekolah mulai tingkat dasar sampai jenjang paling tinggi. Bahkan, pelajar lokal akan mendapat tunjangan sekolah sekitar USD 120 atau setara dengan 1,7 juta rupiah setiap bulan. Pelajar lokal juga dijamin kebutuhan belajarnya seperti alat tulis, seragam, dan kebutuhan lain.

Untuk warga asing, kebijakan bebas biaya ini hanya bisa dinikmati di tingkat perguruan tinggi. Mahasiswa internasional sama sekali tidak harus membayar biaya pendaftaran, maupun biaya setiap semester.

Jerman

Masih di kawasan benua biru, Jerman memang begitu terkenal sebagai negara yang sangat mengistimewakan pelajar. Sebagian besar pajak yang dibayarkan oleh warga negara Jerman akan dikembalikan oleh pemerintah dalam bentuk pendidikan gratis dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi.

Mahasiswa dari luar negeri juga mendapat biaya gratis saat kuliah, namun tetap harus membiayai kehidupan sendiri selama di Jerman. Oleh karena itu, pemerintah Jerman juga membebaskan mahasiswa internasional guna bekerja paruh waktu saat berkuliah.

Norwegia

Pemerintah Norwegia punya aturan untuk pendidikan dasar sampai menengah merupakan sebuah hak yang dimiliki oleh warga lokal. Meski tetap ada biaya yang harus dikeluarkan, namun biasanya sangat kecil karena mendapat subsidi pemerintah. Mayoritas universitas di Norwegia membebaskan biaya kuliah bagi mahasiswanya, baik lokal maupun internasional. Namun mahasiswa internasional tetap hanya membayar iuran kecil sekitar EUR 30-60 sekitar Rp 500 ribu hingga 1 juta rupiah per semester.

Thailand

Di Asia Tenggara Thailand jadi negara yang sebagian besar dibiayai oleh pemerintah. Untuk warga Thailand, pendidikan sejak dasar sampai menengah ke atas terjamin sepenuhnya oleh pemerintah. Jadi warga di Thailand akan bebas dari biaya sekolah dan biaya pendaftaran (di sekolah-sekolah negeri).

Hingga saat ini, Thailand belum punya kebijakan yang menggratiskan pendidikan tinggi bagi warga internasional. Namun, beberapa lembaga di Thailand memiliki program beasiswa yang cukup beragam.

Itu beberapa daftar negara yang menyediakan pendidikan gratis? Barangkali bisa masuk list negara tujuan kalian untuk lanjut studi. (dan/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar