Iklan Banner Sukun
Ragam

Terlalu Bangga, Salah Satu Ciri dari Fanboy atau Fangirl!

Foto oleh RODNAE Productions dari Pexels

Surabaya (beritajatim.com) – Dalam dunia gaming ada berbagai istilah menarik yang mungkin kita temui. Bahkan secara tidak langsung, ini menjadi sebuah komunitas tersendiri. Kemungkinan kita yang sedang berada di dunia internet akan menemukan beberapa orang atau fans yang terlalu antusias terhadap suatu hal bahkan mereka sering tidak mempedulikan pernyataan orang lain sekalipun itu fakta.

Pernahkan kamu mengalami hal itu? Jika ia kemungkinan kamu adalah golongan dari “fanboy/girl”. Sebenarnya istilah kata “fanboy” digunakan pada komunitas gaming untuk menyindir dan menghina suatu individu yang disebabkan oleh sifat buruk mereka dalam sebuah komunitas.

Jika dijelaskan secara umum, maka istilah dari fanboy merupakan fans yang sangat loyal pada perusahaan video game. Hal ini membuat dia jadi kurang peduli mengenai baik atau buruknya perusahaan itu. Ketika dijabarkan secara pribadi, maka fanboy memiliki sifat yang arogan dan terobsesi mengenai suatu produk/perusahaan. Bahayanya adalah mereka menjadi kurang peduli produk dengan perusahaan lain sehingga mudah mudah terpicu amarah ketika ada yang menjelekkan produk/perusahaannya.

Terlepas ini adalah sesuatu hal yang buruk atau tidak, sebenarnya fanboy sudah memberikan citra yang buruk di komunitas. Sebagai contoh, kita akan menemukan beberapa fanboy pada produk PlayStation yang mengatakan jika Xbox One tidak memiliki grafik sebagus PlayStation 4,

Dalam beberapa keadaan, kita mungkin menemukan fakta jika mereka akan mempertahankan perusahaan secara mati-matian. Bahkan seringkali mereka membela dengan delusi atau alasan yang tak masuk akal walaupun tanpa bukti otentik terpercaya.

Sebenarnya pemberian istilah fanboy seringkali masih menjadi perdebatan. Hal ini dikarenakan kurangnya tata kramanya tersendiri sehingga terkadang terdengar cukup aneh. Selain itu, ada terdapat semacam “aturan” mengenai penggunaan istilah fanboy. Biasanya kata ini memang digunakan sebagai sindiran/hinaan.

Namun, kadangkala istilah fanboy digunakan kurang tepat. Ada yang menyebutkan bahwa seseorang yang beda pendapat dengan fanboy tanpa memahami pendapat yang berbeda akan membuat diskusi jadi amburadul. Bahayanya mereka kemungkinan memicu dan berakhir dengan pertengkaran. [prd/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar