Iklan Banner Sukun
Ragam

Terkenal Anti Sosial, Ini 4 Macam Introvert yang Perlu Kamu Ketahui

(Foto: Andrea Piacquadio, pexels)

Surbaya (beritajatim.com) – Ilmu psikologi telah membagi kepribadian manusia dengan 3 macam, yaitu ektovert, introvert dan ambievert. Pembagian ini dicetuskan oleh Carl Jung yang ditulus dalam bukunya berjudul Psychologische Typen. Pengelompokan ini tentu saja berdasarkam kepribadian seseorang dan bagaimana ia meraih gairahnya.

Dalam gambaran masyarakat, orang introvert adalah penyendiri, pendiam, anti sosial, atau tak mau bergaul. Memang ada benarnya, introvert merupakan tipe yang ingin fokus pada diri sendiri. Orang dengan kepribadian ini akan asyik dengan dunianya sendiri, ia tidak senang menjadi pusat perhatian dan cenderung lebih suka megobservasi keadaan sekitarnya.

Namun jangan salah, tipe introvert juga dibagi dalam beberapa jenis dan tak selamanya seorang yang introvert adalah anti sosial. Seperti yang kami jelaskan di bawah ini.

1. Social Introvert

Yap, ternyata ada juga tipe introvert yang suka bersosialisasi. Apabila dilihat dari luar, jenis orang seperti ini akan terlihat seperti ekstrovert. Ia ramah, berkumpul bersama orang-orang, memiliki kawan. Namun meski begitu, jumlah teman yang sangat dekat dengan dirinya hanya segelintir dan bisa dihiting jari. Meski bisa berada di keramaian, itu akan menguras energinya, sehingga saat itu terjadi ia tetap akan memilih untuk menyendiri. Bahkan menurut Psych2Go, seorang social introvert adalah yang paling tertutup diantara yang lainnya.

2. Thinking Introvert

Seperti namanya, tipe pemikir ini adalah orang yang selalu memikirkan banyak hal. Bahkan jika itu adalah sesuatu yang sepele. Pikiran mereka akan selalu diramaikan dengan banyak hal entah apa itu. Dampak baiknya, mereka menjadi orang yang kreatif dan imajinatif. Pikiran pun menjadi media untuk menghibur diri sendiri.

3. Anxious Introvert

Tipe satu ini akan selalu merasa cemas. Untuk sekedar bersosialisasi, dengan siapapun bisa membuat mereka merasa gelisah dan khawatir. Bisa karena canggung, malu, atau memang takut untuk berbaur dengan orang. Bahkan bila harus melakukan interaksi sosial, setelah mereka akan merenung dan memikirkan kejadian itu, membuat rasa cemas semakin meningkat. Oleh sebab itu orang dengan kepribadian ini lebih senang menyendiri.

4. Restrained Introvert

Dikenal sebagai seseorang yang membutuhkan waktu lama untuk mengambil suatu keputusan atau untuk bertindak. Mereka berpikir dengan sangat matang, dan cenderung menganalisa segala sebelum memutuskan. Meskipun terlihat pendiam, tipe restrained ini selalu punya keputusan yang matang dan tidak ragu-ragu.

Kalian mungkin adalah salah satu dari empat jenis orang di atas. Atau bisa saja kalian memiliki lebih dari satu tipe dalam diri kalian. Ini disesuaikan dengan berjalannya waktu dan pengalaman hidup yang telah kalian alami. (mnd/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar