Ragam

Terbukti Ampuh, Tips Mudah Atasi Rambut Kusut Akibat Berenang Seharian

(Foto: Haley Phelps, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Berenang memang salah satu olahraga yang menyenangkan. Bukan hanya para alit renang, tetapi juga orang dewasa dan anak-anak. Berenang menjadi ajang rekreasi yang menyenangkan. Sebab, bermain air di kolam atau di sungai atau di pantai memang memberikan rasa tenang dan nyaman. Asal tidak tenggelam, tentu saja.

Namun, untuk anda yang suka berenang di kolam renang, pasti sering merasa rambut anda menjadi kusut. Salah saatunya karena kandungan kaporit yang ada di kolam renang. Sedang kalau kita berenang di laut atau sungai, rambut bisa saja menjadi kusut dan lengket akibat kandungan garam atau kondisi air yang kotor.

Semua bakteri dan kotoran kolam renang bisa saja menempel di rambut Anda, berikut ini beberapa tips mudah yang dapat Anda lakukan dan terbukti ampuh:

Basahi rambut terlebih dahulu

Sebelum melompat ke kolam renang, pastikan untuk membasahi rambut Anda terlebih dahulu. Cara ini dilakukan agar batang rambut Anda basah dengan air sebelum masuk ke kolam renang. Selain itu, rambut juga tidak akan menyerap air yang mengandung klorin. Jadi, pastikan rambut Anda basah dengan air telebih dahulu sebelum Anda berenang seharian.

Keramas setelah berenang

Mencuci rambut sesegera mungkin setelah berenang dapat meminimalisir kekusutan pada rambut. “Setelah berenang, saya merekomendasikan untuk membilas rambut Anda dengan air segar untuk menghilangkan bahan kimia berlebihan yang menempel pada rambut dan membuatnya terasa kering,” kata Nicole Petty, ahli perawatan rambut di Milk + Blush, seperti yang dikutip dari Bustle. Jika Anda berada di kolam renang umum dan tidak ada sampo, cobalah untuk membilasnya dengan air bersih, sehingga klorin atau air asin tidak mengendap dan membuat rambut Anda lebih rengket.

Pilih produk khusus

Jika Anda memiliki hobi berenang, bahkan rutin berenang, Nicole Petty merekomendasikan Anda untuk memiliki sampo khusus. “Ada baiknya gunakan sampo dan kondisioner yang dibuat khusus untuk memerangi klorin atau garam laut, karena ini biasanya memiliki formula yang melembutkan, melembabkan, menghilangkan bahan kimia dari rambut serta membersihkan kulit kepala.”

Selain sampo pastikan untuk mengaplikasikan kondisioner sehabis keramas. “Oleskan kondisioner atau minyak kelapa, ke seluruh bagian rambut untuk mengisi kembali kelembapan yang hilang.” Coba ganti kondisioner biasa Anda dengan produk yang kaya akan vitamin yang dibutuhkan rambut. Oleskan, lalu biarkan hingga beberapa menit sebelum dicuci (rsf/tur)



Apa Reaksi Anda?

Komentar