Iklan Banner Sukun
Ragam

Terapkan Body Positivity: Salah Satu Kiat Mencintai Diri Sendiri

ilustrasi seseorang yang mencintai diri sendiri. (Tyler Nix, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Dalam hidup, sebaiknya Anda harus belajar untuk menerima bentuk tubuh sebagaimana adanya. Sebab, cantik bukan cuma soal fisik dan perawakan saja tetapi sifat yang kadang itu tidak tampak di mata. Body Positivity merupakan sebuah pandangan positif yang dilakukan oleh semua orang, termasuk diri Anda sendiri, terhadap tubuh.

Istilahnya, Anda menerima bentuk tubuh mulai dari ujung kepala sampai ujung kaki. Dilansir dari situs Psychology Today body positivity sebenarnya bukan istilah baru. Istilah ini sudah ada sejak tahun 1960-an, sebagai perlawanan atas diskriminasi yang diterima oleh mereka yang memiliki tubuh gemuk.

Lalu, pada tahun 1996, body positivity kembali muncul dengan tujuan memberi edukasi pada masyarakat agar dapat menerima tubuhnya dan tidak memaksakan diri dengan pola diet yang ekstrim. Pada tahun 2012, istilah body positivity ramai digalakkan di sosial media dan makna dari istilah ini meluas.

Bahkan, bukan hanya fokus untuk menentang standar kecantikan yang ada. Tapi juga menanamkan pola pikir bahwa semua bentuk tubuh itu baik dan punya keunikan masing-masing. Berikut ini beberapa manfaat dari body positivity.

Pertama, belajar menghargai diri sendiri. Kedua, membantu untuk menerima perubahan tubuh yang terjadi karena faktor seperti melahirkan atau penyakit tertentu. Ketiga, membantu untuk tidak memaksakan diri demi mengikuti standar kecantikan yang ada di masyarakat.

Keempat, memberi edukasi dan mengajak orang lain untuk tidak hanya melihat seseorang dari bentuk tubuhnya dan tidak melakukan body shaming. Kelima, membantu seseorang untuk merasa lebih percaya diri.

Beberapa cara untuk menerapkan ‘Body Positivity’.

1. Coba diubah pola pikirmu

Percaya atau tidak, standar kecantikan yang ada saat ini, sedikit banyak mempengaruhi pola pikir masyarakat. Banyak juga perempuan yang terpengaruh . Oleh sebab itu, kunci pertama untuk memulai body positivity adalah mengubah.

2. Berfokuslah pada kesehatan

Merawat diri itu memang penting. Tapi, utamakan kesehatan dirimu dulu. Jangan memaksakan untuk melakukan diet. Dan, ingat bahwa tidak ada yang instan.

3. Merawat diri untuk diri sendiri

Sadar atau tidak, sering kali kita merawat diri untuk tampil sempurna.di mata orang. Pola pikir ini membuat stress. Coba tanamkan dalam diri bahwa merawat diri sendiri untuk kepuasan dan
kebahagiaan diri kita sendiri.

4. Pikirkan bahwa ketampanan atau kecantikan bukan hanya soal fisik!

Terakhir, kecantikan atau ketampanan itu tidak melulu soal fisik. Hati, sebagai manusia juga harus cantik. Begitu juga dengan pemikiran, harus dipermak agar tampan.

Itulah beberapa hal seputar body positivity yang penting diterapkan. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar