Iklan Banner Sukun
Ragam

Tapanuli Utara Diguncang Gempa, Ini 6 Tindakan yang Harus Dilakukan saat Terjadi Gempa

Gambar lokasi titik terjadinya gempa yang diunggah oleh BMKG. (Sumber foto : Twitter/BMKG)

Surabaya (beritajatim.com) – Pada awal bulan ini, tepatnya Sabtu (1/10) dini hari, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara telah mengalami 4 kali guncangan gempa. Gempa pertama terjadi pada dini hari pukul 02.28 dengan kekuatan gempa 6.0 magnitudo, lalu disusul pukul 02.50 dengan kekuatan 5.1 magnitudo.

Gempa ketiga terjadi pada 03:37 berkekuatan 5.0 magnitudo, kemudian disusul gempa terakhir pada 04:03 dengan kekuatan 3.9 magnitudo. Akibat gempa ini, beberapa infrastruktur seperti perkantoran, rumah dan fasilitas umum mengalami kerusakan.

Gempa bumi sendiri merupakan suatu peristiwa dimana bumi mengalami guncangan akibat pergeseran lempengan, aktivitas gunung berapi atau patahan bumi. Bencana alam ini, kerap terjadi di Indonesia dan merenggut banyak korban. Lalu, bagaimana tindakan penyelamatan yang tepat saat terjadi gempa bumi?


Berikut 6 Tindakan yang harus dilakukan saat terjadi gempa bumi:

1. Jangan Panik dan Segera Keluar dari Bangunan

Pertama-tama anda jangan panik dan tetaplah tenang. Kepanikan, akan membuat anda cenderung ceroboh dan bisa membahayakan nyawa anda.

Jika kondisi saat gempa anda berada di dalam gedung dan memungkin untuk keluar. Maka, segeralah keluar dan menjauhi gedung dan tiang listrik. Ingat, jangan gunakan lift, jika memang anda berada di gedung bertingkat. Lakukan evakuasi melalui tangga darurat dan jangan memakai sepatu heels bagi wanita.

2. Lindungi Kepala dan Badan Anda

Jika saat gempa anda terjebang di dalam suatu gedung dan tidak memungkinkan keluar. Maka cari pelindung kepala dan badan anda, seperti berlindung di bawah meja yang kokoh. Hindari berada di dekat lemari, di samping kaca atau di bawah gantungan benda yang besar.

3. Jika Anda di Dalam Mobil

Apabila saat terjadi gempa anda sedang berada di dalam mobil, maka menjauhlah dari persimpangan dan pinggirkan mobil anda. Keluar dari mobil lalu cari tempat lapang.

4. Jika di Luar Ruangan

Selain harus menjauhi kemungkinan benda yang bisa jatuh menimpa anda. Hindarilah berpijak pada tanah yang mengalami keretakan.

5. Jika Berada di Sekitar Pantai

Apabila gempa terjadi di daerah sekitar pantai, kita harus mewaspadai adanya kemungkinan tsunami. Untuk itu jauhilah pantai dan pergi ke dataran yang lebih tinggi.

6. Jika Berada di Area Pegunungan

Saat terjadi gempa dan anda sedang berada di area pegunungan, maka hindarilah kontur tanah yang rapuh. Sebab ada kemungkinan terjadi longsor.

Itulah beberapa tindakan yang bisa kamu lakukan, jika terjadi bencana alam gempa bumi. (Jhn/nap)


Apa Reaksi Anda?

Komentar