Iklan Banner Sukun
Ragam

Takut Perempuan Cantik Hingga Mertua, Fobia Aneh dan Unik yang Ternyata Ada di Dunia

(Sumber foto: Vadim Bogulov, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Fobia merupakan kondisi keterbatasan karena dorongan kecemasan dan ketakutan pada suatu hal. Beberapa fobia yang umum kita ketahui adalah fobia ketinggian, fobia tempat gelap, fobia tempat sempit, atau fobia pada binatang tertentu.

Namun ternyata, di dunia ini ada beragam fobia aneh dan unik yang masih jarang diketahui. Berikut ini beberapa fobia yang tidak umum terjadi.

Gerontophobia – Fobia Jadi Orangtua

Fobia ini adalah rasa takut yang tidak rasional terhadap pertambahan usia. Orang yang memiliki fobia ini akan merasa takut dengan gambaran bahwa bertambah tua artinya makin dekat dengan kematian.

Turophobia – Fobia Keju

Turophobia merupakan ketakutan berlebih seseorang pada keju. Jangankan untuk makan keju, berada dekat dengan keju saja sudah merasa jengah.

Sciophobia – Fobia Bayangan

Seorang sciophobia akan takut berhadapan dengan bayangan, bahkan untuk berhadapan dengan bayangan sendiri. Ketakutan ini diakibatkan karena sugesti bahwa di dalam bayangan tersebut ada sesuatu yang berbahaya dan mengancam dirinya.

Alliumphobia – Fobia Bawang Putih

Alliumphobia merupakan rasa takut berlebih terhadap bawang putih. Orang dengan fobia ini akan menghindari bawang putih, termasuk tidak akan mengkonsumsi makanan yang menggunakan bawang putih.

Venustraphobia – Fobia Perempuan Cantik

Seseorang penderita fobia venustraphobia akan memiliki rasa takut ketika bertemu atau melihat perempuan cantik. Mereka yang mengidap fobia ini biasanya memiliki trauma di masa lalu, seperti dipermalukan perempuan cantik dan lain sebagainya.

Soceraphobia – Fobia Mertua

Takut pada mertua dapat disebabkan karena seseorang mengalami soceraphobia. Bagi penderita soceraphobia ini, berjumpa dengan mertua akan membuatnya merasakan kecemasan yang berlebih bahkan bisa menyebabkan serangan panik.

Pogonophobia – Fobia Jenggot

Orang yang memiliki fobia ini beranggapan bahwa jenggot adalah hal yang kotor dan tidak higienis. Bukan cuma itu, penderita pogonophobia juga punya anggapa jika bahwa orang yang berjenggot merupakan orang jahat.

Beberapa fobia itu terbilang cukup aneh dan unik. Pasalnya tidak banyak orang yang mengalami fobia tersebut. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar