Iklan Banner Sukun
Ragam

Tak Selamanya Menyenangkan, Ini Lika-Liku Menjadi Konten Kreator Mukbang

screenshoot konten mukbang, channel Youtube: G-NI

Surabaya (beritajatim.com) – Mukbang merupakan konten makan dalam jumlah besar yang dilakukan Youtuber. Namun tahukah Anda walaupun konten ini hanya berisi menyantap makanan yang rata-rata enak, ternyata banyak lika-liku perjuangan kreator untuk membuat konten Mukbang.

Istilah ‘mukbang’ pertama kali berasal dari Korea Selatan. Melansir dari laman Citizen side, Jumat (8/10/2021) kata ‘mukbang’ berasal dari dua kata yakni ‘muk-ja’ dan ‘bang-song’ yang artinya ‘ayo makan’ dan ‘siaran’. Sederhananya, definisi mukbang mengacu pada siaran langsung orang yang sedang makan, biasanya dalam jumlah banyak. Walaupun sepertinya menyenangkan, namun tidak sedikit para konten kreator mukbang yang mengalami kesulitan dan masalah, berikut ulasanya:

 

Memicu pro kontra

Cukup banyak para kreator mukbang yang mengumpulkan pengikut dan pelanggan siaran mereka dengan challenge dari penontonnya. Rata-rata dari para pemirsa kadang memberikan tantangan tak masuk akal dan kerap menjadi pro kontra. Misalnya saja makan dalam porsi yang besar atau berlebihan, makan banyak dalam waktu cepat, atau makan super pedas.

Tentunya sebagai seorang konten kreator selain mengumpulkan pengikut, mereka juga mengumpulkan uang dari konten-kontennya dan merasa tertantang akan challenge tersebut. Namun, tidak dapat disangkal bahwa banyak mukbanger telah mengumpulkan ketenaran melalui video tantangan tersebut dan akan tetap terkenal karena permintaan-permintaan para pengikutnya.

Masalah kesehatan

Benar saja, konten kreator mukbang dapat mengumpulkan ketenaran instan dan menghasilkan banyak uang. Namun tetap saja, mengonsumsi makanan di atas konsumsi normal dalam sekali duduk tidak terdengar sehat, apalagi jika dilakukan secara rutin. Memang, tren terkenal itu tidak datang tanpa kontroversi dan kritik dari masyarakat. Mukbang menggerogoti gaya hidup sebagian orang yang dulunya sehat sebelum dijadikan tren sebagai aktivitas rutin dan gaya hidup.

Di antara efek jangka pendek mukbang termasuk kembung, sakit perut, ketidaknyamanan fisik, dan kelelahan. Ketika seseorang makan berlebihan dan makanan berkalori tinggi untuk waktu yang lama, bisa ada efek yang lebih serius dan mengancam jiwa. Melalui asupan kalori, para mukbanger ternama bisa mengalami kenaikan berat badan yang berlebihan, kadar gula yang tinggi, dan berbagai masalah jantung. [rsf/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar