Iklan Banner Sukun
Ragam

Tak Selalu Buruk, Inilah 5 Hal Positif yang Bisa Kamu Temui Pada Orang Introvert

Ilustrasi orang introvert yang memiliki beragam hal positif (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Banyak orang yang mungkin menganggap negatif orang dengan kepribadian introvert. Hal ini tidak lepas dari perspektif masyarakat yang menganggapnya anti sosial, tidak bisa beradaptasi, tidak memiliki teman, dan sejenisnya.

Padahal, sosok introvert juga memiliki sisi yang lebih positif dari golongan orang pada umumnya. Hal tersebut dapat dilihat pada situasi-situasi tertentu. Beberapa hal positif yang bisa kamu temui pada orang introvert, seperti;

Pendengar yang baik

Memiliki teman introvert justru perlu disyukuri. Hal ini tak lepas dari pribadinya yang cocok jadi pendengar yang baik. Terlebih banyak orang yang memang membutuhkan sosok seperti ini untuk menceritakan keluh kesah maupun bahagia. Selain dapat dipercaya, ia bahkan tak akan ikut campur kecuali diminta.

Bicarakan hal yang perlu saja

Sosok introvert cenderung berbicara pada hal yang hanya perlu dan pantas dibicarakan. Itupun ia akan memikirkannya terlebih dahulu sebelum berbicara. Dengan kata lain, tidak asal-asalan dalam menyampaikan pendapat. Hal itu karena ia memikirkan betul perasaan orang lain.

Memahami situasi

Meski ia tak banyak bicara atau terkesan tertutup, tapi ia pandai membaca situasi. Ia memang bukan yang ahli dalam public speaking dan sejenisnya. Namun, ia pandai dalam mengamati hal-hal kecil di sekitarnya yang mungkin tidak terlihat oleh orang ekstrovert.

Kerap berikan solusi

Mungkin umumnya sosok introvert memang tampak pasif. Namun, saat ditanya perihal pendapat, kritik, dan masukan dalam suatu diskusi yang berarti, ia akan memberikan banyak opsi. Tak ayal jika dalam situasi seperti ini ia akan banyak dicari untuk dimintai opini. Terlebih ia yang cenderung tidak berbasi-basi.

Sosok yang kreatif

Karena kerap menjadi pendengar yang baik sekaligus pengamat situasi yang handal, tak ayal jika hal tersebut dimanfaatkannya untuk mencari solusi, mengatasi suatu masalah dan sebagainya. Inilah yang kemudian banyak orang menganggap bahwa orang introvert merupakan sosok yang kreatif. (Fyi/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar