Iklan Banner Sukun
Ragam

Tak Perlu Emosi, Begini Cara Atasi Pasangan yang Mudah Cemburu

(Foto: Budgeron Bach, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Sikap cemburu dalam hubungan adalah sesuatu yang wajar. Tanpa cemburu, hubungan akan terasa hambar, bahkan banyak yang mengatakan bahwa cemburu adalah tanda sayang.

Namun, apa jadinya jika rasa cemburu pasangan terlalu berlebihan? Rasanya akan terkekang dan tidak nyaman. Tidak perlu emosi, berikut ini adalah cara yang bisa kalian lakukan saat memiliki pasangan yang cemburuan.

1. Mencari tau alasannya

Pertama, yang harus kalian lakukan adalah mencari tau penyebab mengapa pasangan mudah sekali cemburu. Komunikasikan dengan pasangan dengan baik-baik.

Dengan kepala dingin, kalian pasti bisa mencari solusi dari sumber masalah. Apakah berawal dari diri sendiri yang memancing rasa cemburunya atau bisa juga trauma akan masa lalu.

2. Bersikap jujur dan terbuka

Kadangkala, pasangan hanya ingin tahu segala hal tentang diri kita, dan ia melakukannya dengan cara yang salah atau mungkin terkesan menekan dengan sikap cemburunya itu. Agar tidak terjadi keributan, jangan pernah berbohong padanya.

Jika memang tak melakukan apapun, katakan saja yang sebenarnya, berikan bukti kuat jika kalian tidak berbuat apa-apa. Bersikap terbuka merupakan hal penting untuk membangun rasa percaya dan menghindari kesalahpahaman.

3. Tetapkan Batasan

Meski pasangan tidak cemburuan, bersosialisasi dengan lawan jenis sekiranya memang perlu ada batasan. Berteman boleh dengan siapa saja asalkan tau batasannya. Jangan sampai terlalu dekat dan nyaman sehingga menimbulkan ketertarikan secara emosional.

Hindari hal-hal yang tidak dalam batas wajar dengan lawan jenis agar pasangan tidak berasumsi yang aneh-aneh.

4. Kenalkan pasangan pada teman-teman

Cara ini juga sangat bisa kalian lakukan. Biasanya pasangan akan mudah cemburu saat dia tidak tahu dengan siapa saja kalian bergaul. Solusinya adalah kenalkan pasangan dengan teman-teman, ajak ia untuk main bersama-sama supaya dia bisa melihat sendiri bahwa tidak ada yang harus dia takutkan.

Selain itu, mengenalkan pasangan pada teman-teman akan jadi kebahagiaan tersendiri. Pasangan akan merasa diakui dan spesial di mata kalian.

5. Beri perhatian lebih

Untuk meredakan rasa cemburunya, kalian wajib memberikan pasangan perhatian lebih. Yakinkan pasangan bahwa kalian memang peduli padanya. Buat pasangan merasa aman meski kalian berada jauh darinya.

Tunjukkan pada pasangan bahwa kalian berniat untuk memperbaiki kondisi ini. Ketika ia merasa aman, secara perlahan kecemburuannya akan mereda.

Memang sulit untuk melakukan hal-hal di atas, namun jika kalian dan pasangan saling mencintai, kalian berdua pasti mau bekerja sama untuk memecahkan permasalahkan. Meski wajar, rasa cemburu yang keterlaluan juga tidak akan sehat dan membatasi kehidupan satu sama lain. [mnd/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Anoa Dataran Rendah Koleksi KBS Mati

Unik dan Lucu, Lomba Sugar Glider di Surabaya

Aryo Seno Bicara Organisasi Sayap PDI Perjuangan