Ragam

Tak Melulu Soal Cinta, Ini Drama Korea Bertema Kesehatan Mental

(Foto: You Are My Spring, IMDb)

Surabaya (beritajatim.com) – kebanyakan orang menganggap drama korea hanya menampilkan kisah percintaan saja. Namun faktanya ada beragam genre yang dapat Anda tonton, salah satunya tentang kesehatan mental.

Baru-baru ini stasiun pertelevisian Korea Selatan, tvN menampilkan drama terbaru mereka berjudul You Are My Spring. Drama bertema kesehatan mental ini bercerita mengenai penyembuhan trauma di masa lalu. Tak hanya satu, ada beberapa drama korea bertema kesehatan mental yang wajib Anda tonton, berikut ulasannya:

Fix You

Drama Korea yang memiliki judul lain Soul Mechanic ini telah tayang pada Juni 2020 lalu. Fix You bercerita mengenai seorang psikiater bernama Shi Joon (Shin Ha Kyun) yang membantu pasiennya Woo Joo (Jung So Min) untuk sembuh dari luka emosionalnya. Seperti dilansir dari Asian Wiki, Kamis (9/9/2021) diketahui Woo Joo adalah seorang bintang musikal yang sedag naik daun. Ia terkenal jujur dan pekerja keras, namun ia tidak dapat mengontrol emosinya yang meledak-ledak.

It’s Okay to Not Be Okay

Drama yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun, Seo Yea Ji, Oh Jung Se dan Park Gyu Young ini bercerita mengenai seorang penjaga rumah sakit jiwa dan penulis buku anak-anak yang mengidap anti sosial. Melansir dari Wikipedia, It’s Okay to Not Be Okay memiliki 16 episode dan telah tayang pada 20 Juni 2020 lalu. Drama korea ini tidak hanya mengangkat isu seputar ganguan anti sosial saja, tapi juga post-traumatic stress disorder (PTSD), autisme, bipolar, hingga gangguan kecemasan.

You Are My Spring

Drama Korea bertema kesehatan mental berikutnya telah tayang pada 5 Juli 2021 lalu. You Are My Spring berkisah tentang Da Jeong (Seo Hyun-Jin) yang memiliki ganguan mental bersikap kekanak-kanakan atau biasa disebut dengan childish. Lawan mainnya, Young Do (Kim Dong-Wook) bekerja sebagai seorang psikiater yang kebetulan tinggal dibawah apartemen milik Da Jeong.

Sebagai seorang psikiater, Young Do biasa membantu orang yang ingin bunuh diri agar memiliki semangat untuk hidup. Walaupun menjadi seorang psikiater, Young Do juga memiliki ganguan mental, namun ia tidak pernah bercerita pada siapapun. (rsf/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar