Ragam

Tak Hanya Uji Komitmen, Ini Manfaat LDR atau Hubungan Jarak Jauh dengan Pasangan

Ilustrasi hubungan jarak jauh melalui video call. (Sumber foto : Rodnae Production/pexels.com)

Surabaya (beritajatim.com) – Hubungan jarak jauh atau Long Distance Relationship (LDR) pasti sangat berat bagi siapapun yang menjalaninya. Ruang temu terbatas, dan hanya bisa berkomunikasi melalui smartphone.

Walaupun memang teknologi di masa kini sudah canggih, kalian tetap bisa bertatap muka dengan kekasih melalui panggilan video. Namun tetap saja, rasanya tak akan sama dengan bertemu secara langsung.

Belum lagi perasaan was-was, cemas, dan takut bahwa pasangan akan berpaling pada orang lain. Hal itu tentu membuat tidak tenang dan terus terpikirkan. Padahal, jika kalian memikirkan secara positif, ternyata LDR ini juga memiliki keuntungan loh!

Simak penjelasan berikut ya!

1. Lebih berkomitmen

Menjalani hubungan jarak jauh tentu saja membutuhkan komitmen yang lebih, dan tentu hanya orang-orang yang ingin serius saja yang bisa menjalani komitmen tersebut.

Contohnya pada hal-hal kecil, seperti meluangkan waktu untuk menghubungi pasangan, tidak membohongi pasangan, dan lain-lain.

2. Belajar menyelesaikan masalah dengan baik

Tidak seperti saat bertemu, pertengkaran yang terjadi ketika LDR sebisa mungkin harus segera diselesaikan. Umumnya, konflik tidak akan selesai jika hanya melalui chat, maka pastikan kalian menelpon untuk membicarakannya.

Dengan begitu, kalian dan pasangan akan lebih banyak belajar bagaimana menghadapi tantangan, baik yang kecil maupun besar.

3. Lebih menghargai waktu

Bagi pasangan yang LDR, waktu bertemu atau sekedar melakukan video call adalah waktu yang berharga. Obrolan akan menjadi lebih berkualitas, kalian bisa bertukar pikiran dan cerita.

Kalian tidak akan menyia-nyiakan waktu yang kalian punya disela-sela padatnya aktivitas. Hal ini membuat kalian dan pasangan menjadi orang yang lebih menghargai waktu masing-masing.

4. Ikatan emosional lebih kuat

Tanpa kalian sadari, hubungan jarak jauh justru malah memperkuat ikatan emosional dengan pasangan. Bahkan lebih kuat daripada hubungan fisik.

Ini karena hubungan jarak jauh akan membuat kalian lebih banyak berkomunikasi ketimbang berhubungan secara fisik, kalian akan membicarakan tentang diri masing-masing, dan semakin mengerti seperti apa pasangan kalian sebenernya.

5. Mengembangkan diri

Beberapa orang terkadang menjadi lupa pada diri sendiri ketika sudah bersama pasangan. Keuntungan dari hubungan jarak jauh adalah, kedua orang yang saling cinta ini tetap bisa mengembangkan dirinya sendiri.

Kalian mungkin tetap bisa mengejar cita-cita, memulai usaha baru, atau meneruskan pendidikan. Begitu pula dengan pasangan kalian, sehingga kalian berdua akan menjadi pasangan yang bertumbuh bersama.

LDR memang sangat menguji kekuatan cinta, dan disitulah, apakah kalian bisa menyelesaikan tantangannya?(mnd/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar