Iklan Banner Sukun
Ragam

Tak Hanya Sebagai Bumbu Dapur, Ternyata Serai Punya Segudang Manfaat untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat serai untuk kesehatan, mulai dari kolesterol hingga mengurangi diare. (Sumber foto: Volant, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Siapa yang tidak mengenal bumbu dapur satu ini bisa dipastikan ia tidak pernah memasak berjenis kuah. Ya, bumbu dapur yang kaya manfaat kesehatan ini adalah serai.

Biasanya, serai digunakan sebagai penyedap rasa masakan kuah seperti soto, kuah bakso, atau masakan ayam kuning. Sehingga serai adalah bumbu yang lumrah di temui di dapur rumah.

Serai berasal dari kelompok rumput dalam genus tanaman Cymbopogon, yang merupakan jenis tanaman tahunan. Tanaman ini biasanya ditemukan pada daerah beriklim hangat atau negara tropis terutama di kawasan Asia Tenggara.

Tidak hanya sebagai bumbu dapur, ternyata dua tetes minyak esensial serai cukup untuk menuai beberapa manfaat darinya. Cara menggunakannya, Anda tinggal menambahkan pada segelas air hangat di pagi hari lalu meminum usai sarapan pagi.

Beberapa penelitian menemukan serai memiliki banyak kegunaan obat yang juga termasuk menurunkan kadar kolesterol. Ini karena serai punyai sifat anti-inflamasi. Adapun beberapa manfaat dari daun serai sebagai berikut.

Membantu turunkan kolesterol

Kolesterol tinggi mungkin jadi masalah kesehatan umum yang banyak dialami orang. Kadangkala juga jadi masalah utama karena dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan seperti hipertensi, nyeri dada, serangan jantung, stroke dan penyakit pembuluh darah lain.

Jika Anda sedang mencari cara untuk menurunkan kolesterol tinggi, menjaga pola makan yang sehat dan berolahraga adalah hal yang harus dilakukan. Anda bisa mencoba menggunakan serai.

Ampuh usir lemak

Serai menurunkan kolesterol tinggi secara ampuh sekaligus mengusir lemak jahat. Sebagaimana dilansir dari The Health Site, bahwa serai mampu menurunkan kolesterol mengusir lemak jahat. Lemak jahat yang ada dalam tubuh beresiko tinggi pada kolesterol, sehingga dengan serai ini bisa teratasi.

Mengurangi peradangan

Kandungan dari serai yang berupa anti-inflamasi juga bisa mengurangi peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Peradangan kronis yang dapat menyebabkan penyakit seperti radang sendi, penyakit kardiovaskular, dan bahkan kanker bisa teratasi dengan serai.

Mengurangi diare

Diare mungkin seringkali jadi penyebab masalah bagi banyak orang. Penyakit ini bisa berakibat pada dehidrasi atau kurangnya cairan tubuh. Diare bisa disembuhkan saat mengkonsumsi obat diare.

Namun, beberapa obat diare punya efek samping seperti sembelit. Serai mampu menjadi obat alami mengurangi diare. Anda bisa membuat minuman hangat dari serai guna mengobati penyakit diare.

Serai termasuk pada jenis obat-obatan alami non kimia yang juga tidak banyak efek samping pada tubuh. Sehingga serai cukup aman dan sehat sebagai obat. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar