Iklan Banner Sukun
Ragam

Tak Hanya Makan Banyak, 7 Langkah Ini Ternyata Bisa Bantu Menaikkan Berat Badan Secara Efektif

Beberapa orang tengah menikmati makanan. (Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Tidak hanya menurunkan berat badan, banyak orang saat ini juga ingin menaikkan berat badan mereka. Tubuh yang terlalu kurus, terkadang bisa membuat tingkat kepercayaan diri menurun.

Tidak hanya itu, kekurangan berat badan juga sama bahayanya dengan kelebihan berat badan. Terlebih, jika sampai tergolong kekurangan gizi. Untuk itu, bagi kalian yang ingin menaikkan berat badan, mari simak tip berikut ini:

1. Meningkatkan frekuensi makan


Jika anda saat ini merasa berat badan anda terlalu kurus, maka sebaiknya anda menaikkan frekuensi makan anda. Mengonsumsi makanan lebih bertujuan untuk menambah asupan kalori dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh anda.

Jika kalian, tidak bisa menghabiskan makanan dalam porsi yang banyak, maka makanlah sesering mungkin. Seperti meningkatkan frekuensi makan menjadi 5 samai 6 kali, dengan porsi yang lebih sedikit.

2. Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak baik

Salah-satu yang dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan berat adalah adalah lemak sehat atau lemak tidak jenUH. Seperti: omega-3 dan omega-6. Jenis lemak ini tidak akan membahayakan tubuh, sebab tidak akan menimbulkan timbunan lemak di pembuluh darah. Contoh makanan yang mengandung lemak baik adalah: kacang-kacangan, alpukat telur dan ikan

3. Berolahraga secara rutin

Sering berolahraga dipercaya membuat nafsu makan seseorang bertambah. Jenis olahraga yang dianjurkan adalah latiihan kekuatan.

4. Makan makanan yang mengandung banyak nutrisi

Jika ingin meningkatkan berat badan kalian, maka konsumsilah jenis makanan yang memiliki kandungan banyak nutrisi. Seperti: protein, lemak, karbohidrat kompleks, vitamin dan mineral.

Protein di sini berfungsi untuk menambah massa otot dan menambah berat badan anda. Sementara lemak dan karbohidrat berperan untuk menambah jaringan lemak dan mencukupi kebutuhan tubuh.

5. Minum susu

Susu dan semua produk yang berasal dari olahannya memiliki kandungan lemak yang baik. Seperti keju dan yoghurt. Susu juga baik untuk menambah kalsium otot anda. Untuk proses menaikkan badan, anda cukup meminum satu sampai dua gelas susu setiap harinya.

6. Tidak merokok

Kebiasaan merokok sering kali berimbas pada kenaikan berat badan berlebih atau justru sebalikya. Selain itu merokok juga meningkatkan resiko penyakit jantung dan diabetes. Untuk itu, bagi anda yang sedang dalam program menaikkan berat bada, berhentilah merokok.

7. Tidur yang cukup

Mencukupi waktu tidur terutama di malam hari bisa membantu proses pembentukan jaringan tubuh anda. Jangka waktu tidur yang disarankan ialah 7-9 jam perhari.

Itulah beberapa tip yang bisa anda lakukan, jika anda ingin menaikkan berat badan anda.. Selamat mencoba. (Jhn/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar

beritajatim TV

Shin Tae Yong Puji Rumput Lapangan Thor Surabaya

Menjajal Mobil Listrik Wuling Air ev