Iklan Banner Sukun
Ragam

Tak Hanya Jadi Bumbu, Bawang Putih Juga Bermanfaat Bagi Tanaman

(Foto: Skitterphoto, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Tabib Yunani Hippocrates, sering disebut bapak pengobatan Barat pernah berkata, “Biarkan makanan menjadi obatmu, dan obat menjadi makananmu.” Dia paling dikenal meresepkan bawang putih untuk mengobati berbagai kondisi medis.

Bawang putih mungkin merupakan perwujudan terbaik dari kata-kata Hippocrates dan telah digunakan selama berabad-abad. Meski saat ini bawang putih lebih dikenal sebagai bumbu dapur namun, ia telah digunakan sebagai obat sepanjang sejarah kuno dan modern.

Bawang putih telah digunakan untuk mencegah dan mengobati berbagai kondisi dan penyakit. Selama ribuan tahun, ia dipercaya memiliki khasiat obat dan ilmu pengetahuan modern telah mengkonfirmasi hal yang sama. Namun, apakah ada manfaat lain dari bawang putih?

Bisakah ia memberikan manfaat untuk tanaman lain dan juga tanah? Artikel ini membahas tentang pengomposan bawang putih

Benar seperti pernyataan itu, bagaimana dengan menciptakan humus atau kompos yang kaya yang dapat bermanfaat bagi tanaman lain? Bawang putih akan rusak seiring waktu, bersama dengan segala sesuatu yang lain dalam proses pengomposan. Bawang putih juga dapat digunakan untuk mengusir hama dari tempat pengomposan. Bawang putih segar dapat mencegah hama tetapi yang terbaik untuk pekerjaan ini adalah bawang putih kering.

Tikus menemukan bau bawang putih sangat mengganggu dan menggunakan bawang putih untuk mencegah hewan pengerat hanya akan bekerja untuk tingkat serangan yang rendah. Ingat, bawang putih juga dapat mempengaruhi cacing yang bekerja di dalam kompos, jadi ingatlah untuk menyeimbangkannya. Untuk lebih mencegah tikus, gunakan bubuk bawang putih untuk hasil terbaik.

Namun, pengomposan bawang putih memiliki beberapa tindakan peringatan yang harus diperiksa.

Pertama, siung bawang putih cenderung tumbuh kembali jika dibiarkan utuh. Karena itu, mereka harus dipotong kecil-kecil jika Anda akan membuat kompos. Ini memastikan mereka tidak mulai tumbuh di dalam tempat pengomposan dan juga memastikan mereka membuat kompos dengan cepat.

Kedua, allium seperti bawang merah dan bawang putih tidak diterima di tempat sampah cacing. Cacing ditangkap oleh bau bawang putih yang kuat dan mereka akan menghindari mengunyah bawang putih sama sekali. Ini juga akan menyebabkan kompos Anda melambat atau tidak lengkap karena bawang putih tidak terurai sepenuhnya. [rad/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar