Iklan Banner Sukun
Ragam

Tak Hanya Fisik, Macam-macam Capek Yang Perlu Kamu Ketahui Sekaligus Cara Mengatasinya

Ilustrasi orang yang sudah merasa capek atau lelah (Foto: Thirdman, Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Sibuknya aktivitas yang dilakukan sehari-hari, kerap kali membuat capek. Capek atau perasaan lelah tak ayal membuat seseorang menjadi kurang bersemangat dan bahkan enggan melakukan aktivitas tertentu.

Rasa capek yang dirasakan oleh setiap orang tentu berbeda-beda, adapun macam-macam capek yang perlu diketahui, di antaranya;

Capek fisik

Capek fisik identik terjadi pada anggota badan. Itupun bisa sebagian atau bahkan menyeluruh. Penyebabnya pun beragam, mulai dari efek olahraga berlebih, mengangkat barang-barang berat, atau lainnya. Keluhan lainnya juga bisa berupa kantuk hingga lemas.

Dalam hal ini, setidaknya cara untuk mengatasinya cukup mudah. Salah satunya yakni dengan beristirahat, seperti berhenti sejenak dari aktivitas tertentu atau rebahan, tidur, hingga pijat refleksi.

Capek emosional

Jika capek fisik dirasakan di anggota badan, berbeda dengan capek emosional yang lebih pada hati atau perasaan. Hal ini biasanya terjadi karena sudah terlalu sering merasa kecewa, sakit hati, atau sejenisnya. Hingga kemudian berada pada kondisi benar-benar lelah.

Capek emosional terkadang tidak mudah hilang beberapa saat. Biasanya hal ini butuh waktu lebih lama. Namun, untuk meminimalisir mungkin bisa dengan journaling, berbagi curahan hati (curhat), meditasi, atau healing.

Capek mental

Tak sedikit orang yang mungkin merasakan capek mental. Perasaan lelah ini bisa terjadi karena capek secara fisik dan emosional terjadi dalam waktu bersamaan. Namun, lebih kompleks.

Jika mengalami situasi seperti ini, hal yang mungkin bisa dilakukan ialah dengan berdamai dengan diri sendiri, healing, journaling, atau curhat ke orang yang dipercaya.

Capek sosial

Jika beberapa jenis capek dominan karena masalah pada diri sendiri, capek sosial disebabkan oleh lingkungan sekitar. Biasanya karena circle dianggap toxic. Tak ayal jika seseorang yang capek sosial kerap membatasi diri untuk bertemu dengan banyak orang.

Cara mengatasi keluhan ini bisa dengan cara memperbanyak melakukan aktivitas positif sendiri atau me time. Bisa juga dengan melakukan meditasi.

Burn out

Istilah yang satu ini bisa disebut level yang paling parah. Di mana keempat kondisi di atas terjadi secara bersamaan, yakni capek fisik, emosional, mental, dan sosial. Terlebih biasanya terjadi dalam kurun waktu cukup lama.

Jika demikian, maka sangat dianjurkan untuk berkonsultasi pada dokter atau psikolog. Setidaknya hal ini tidak hanya dapat mengetahui penyebabnya, namun juga untuk mendapatkan solusi dan penanganan. (fyi/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar