Iklan Banner Sukun
Ragam

Tak Hanya Buahnya, Ini Berbagai Manfaat Pohon Pepaya

(Foto: Miguel Á. Padriñán, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Pepaya dikenal sebagai buah yang mengandung banyak manfaat baik untuk kesehatan dan berbagai hal. Selain buahnya yang manis dan baik untuk pencernaan. Faktanya, getah pepaya juga memberikan manfaat untuk kesehatan yang sifatnya anti tumor atau kanker.

Getah ini biasa kita temukan di daun pepaya, dan sering digunakan sebagai bahan pengempuk daging. Membungkus daging dengan daun pepaya selama beberapa jam adalah cara yang umum dilakukan. Namun, bukan hanya buah dan getahnya saja yang bermanfaat, hampir semua bagian dari pepaya dan pohonnya memiliki manfaat bagi kehidupan manusia.

Manfaat dari Getah Pepaya

Selain itu, tepung getah pepaya biasanya digunakan untuk pengempuk daging sehingga banyak dijual dengan kemasan di supermarket atau di toko bahan kimia. Bukan hanya itu, penggunaan getah bisa dengan penyuntikan secara langsung pada ternak selama setengah jam sebelum disembelih supaya dagingnya lebih lunak.

Sedangkan manfaat lain bisa digunakan untuk obat luka bakar maupun gatal-gatal di kulit pada bagian luar. Cara pemakaiannya kita bisa mengoleskan getah dari buah pepaya yang masih muda supaya tidak mengalami infeksi. Namun kita perlu membersihkan dulu kulit sebelum diolesi. Untuk pemakaian sebagai pelunak daging, daun pepaya dapat langsung digosok-gosokkan pada permukaan daging.

Keunggulan dari Daun Pepaya

Manfaat dari penggosokan daun pada daging untuk mengeluarkan getah atau lateks yang ada pada daun agar keluar supaya tidak masuk dalam daging. Manfaat lainnya bisa digunakan untuk menambah nafsu makan anak dengan ramuan daun pepaya segar seukuran telapak tangan, sedikit garam, dan air hangat setengah cangkir yang diblender dan disaring kemudian diambil airnya.

Khasiat dari Akar Pepaya

Akar pepaya dapat digunakan sebagai obat cacing. Kita bisa menggunakan akar pepaya kering sebanyak 10 gram, bawang putih 1 gram, dan air 100 ml. Semua bahan yang ada dipotong-potong, lalu masukkan dalam air mendidih selama 15 menit, setelah itu baru disaring.

Bukan hanya itu, kita bisa menambahkan air matang sehingga diperoleh hasil saringan 75 ml. Pembuatan ini dapat dijadikan sebagai minuman penyegar dengan mengambil dua potong akar dan satu lembar daun pepaya. Kedua bahan ditumbuk halus dan direbus dengan satu liter air hingga mendidih kemudian saring. Setelah itu, campurkan madu atau jahe supaya rasanya lebih segar. (prd/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar