Iklan Banner Sukun
Ragam

Tak Boleh Mandi Saat Kondisi Ini, Bukannya Sehat Malah Timbulkan Bahaya

Ilustrasi timing mandi yang sebaiknya dihindari (Foto: Yaroslav Shuraev, Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Mandi memang memiliki beragam manfaat. Tidak hanya membersihkan diri dari kotoran dan kuman, namun juga untuk menjaga kesehatan tubuh.

Meski begitu, ternyata tak banyak orang yang tahu bahwa ada saatnya aktivitas membersihkan diri ini justru tidak disarankan, terlebih setelah melakukan beberapa aktivitas berikut ini;

Mandi setelah makan

Salah satu timing mandi yang tidak disarankan ialah usai aktivitas makan. Mandi setelah makan tersebut dapat membuat sirkulasi darah menjadi terganggu.

Pada dasarnya, darah memang akan lebih fokus pada proses pencernaan, terlebih setelah makan. Namun saat seseorang mandi, maka pembuluh darah akan mengembang dan kembali mengulang fungsinya.

Mandi setelah beraktivitas

Setelah melakukan aktivitas yang cukup berat, seperti olahraga dan pekerjaan fisik lain, ada baiknya beri jeda terlebih dahulu untuk istirahat. Begitu pula sebelum seseorang memutuskan untuk mandi. Karena hal ini berkaitan dengan sirkulasi darah yang dapat terganggu.

Seseorang yang mandi setelah makan cenderung akan mengalami kekurangan darah pada bagian hati dan dada. Hingga tak sedikit orang yang justru sampai mengalami pingsan.

Mandi setelah mabuk

Mabuk merupakan aktivitas yang tidak diperkenankan untuk dilakukan oleh siapapun, khususnya warga di Indonesia. Terlebih banyak kandungan tidak baik di dalamnya.

Hal yang dapat menyebabkan kadar gula darah dalam tubuh menjadi naik. Sehingga lebih rentan terkena mengalami pusing, bahkan hingga pingsan.

Mandi saat demam

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa mandi saat sedang demam tidak diperkenankan. Hal ini mengkhawatirkan dapat membuat terganggunya kesehatan tubuh menjadi lebih parah.

Namun, meski begitu ada juga yang meyakini bahwa hal tersebut boleh-boleh saja dilakukan, asal menggunakan air yang hangat. (fyi/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar