Iklan Banner Sukun
Ragam

Syarat Ikut Langsung Upacara Kemerdekaan di Istana Merdeka, Pemerintah Sediakan 2000 Kuota

Seorang anak mengibarkan bendera merah putih.

Surabaya (Beritajatim.com) – Perayaan HUT RI ke 77 tahun ini akan sangat meriah, mengingat ini adalah kali pertama Istana Merdeka akan menggelar upacara kemerdekaan secara penuh pasca pandemi Covid-19. Dimana masyarakat akan kembali dapat menikmati perayaan kemerdekaan secara langsung di Istana.

Melalui laman Youtube Sekretariat Presiden, Heru Budihartono selaku Kepala Sekretariat Presiden mengatakan, setidaknya akan ada 1000-2000 undangan untuk masyarakat yang ingin mengikuti apel pagi di Istana Merdeka. Dan 2000-3000 undangan untuk apel sore.

Lalu, siapa saja yang dapat hadir langsung di Istana Merdeka?

Semua masyarakat berusia minimum 18 tahun boleh hadir, dengan syarat telah mendaftar dan mengisi form registrasi di https://pandang.istanapresiden.go.id, tentu selama kuota undangan masih tersedia. Selepas mendaftar dan mendapat persetujuan, masyarakat diwajibkan mengambil undangan resmi berbentuk fisik di Gedung Krida Bhakti. Sesuai dengan jadwal pengambilan yang telah ditentukan.Undangan hanya berlaku untuk satu orang dan tidak diperkenankan membawa balita.

Demi tetap menjaga agar penularan rantai Covid-19 dapat tertekan, maka bagi masyarakat yang ingin mengikuti upacara HUT RI ke-77 harus sudah menerima vaksin dosis ke 3 atau booster. Undangan juga harus melakukan antigen pada H-1 pelaksanaa upacara di tanggal 17 Agustus. Selain itu, masyarakat tetap diwajibkan memakai masker.

Selain dapat mengikuti upacara kemerdekaan secara luring. Bagi masyarakat yang tidak bisa mengikutinya secara langsung, juga bisa mendaftar untuk ikut dalam upacara kemerdekaan via daring. Pendaftaran berada di alamat situs yang sama.

Tak hanya acara resmi protokol upacara kemerdekaan, masyarakat juga akan dihibur dengan pagelaran seni rakyat. Beragam budaya dari berbagai daerah akan dipentaskan, mulai dari tari Reog Ponorogo asal Jawa Timur, tari Lumense asal Sulawesi Tenggara dan aneka musik tradisional juga tak luput untuk dipentaskan.

Kuota yang dibuka oleh pemerintah untuk jumlah seluruh undangan dari berbagai elemen juga ditingkatkan. Kali ini, pemerintah membuka 77000 undangan. Angka ini tidak hanya sekadar jumlah, sebab jumlahnya mengikuti angka ulang tahun kemerdekan RI yang ke-77. (Jhn/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar