Iklan Banner Sukun
Ragam

Susah Menolak? Bisa jadi Kamu Kena Sindrom Good Girl, Simak Gejalanya

Ilustrasi (foto : Annie Spratt, Unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Sedari kecil kita telah ditanamkan untuk selalu bersikap positif, baik hati dengan menyenangkan orang lain. Tidak ada yang salah dengan itu, karena sejatinya orang tua dan lingkungan ingin anaknya tumbuh menjadi prang dengan kepribadian yang bagus.

Sayangnya, lambat laun, menyenangkan orang lain menjadi suatu kewajiban bagi seseorang. Karakter itu terbentuk diikuti dengan merasa takut tidak diterima di lingkungan.

Akibatnya, seseorang akan sulit untuk menolak atau berkata tidak terhadap sesuatu karena tidak ingin mengecewakan orang lain.

Sehingga ia terus melakukan hal yang sebenernya tidak ia senang, perasaan tertekan pun membuat ia tidak bisa bahagia. Ia ingin untuk terus memenuhi ekpektasi orang lain dan menghindari terjadinya konflik. Kondisi ini lah yang disebut sebagai Good Girl Syndrome.

Sindrom ini lebih banyak dialami oleh perempuan. Melansir dari situs Psychology Today, hal itu dikarenakan sebuah peneilitan dari Standford University mengatakan bahwa wanita selalu digambarkan sebagi orang yang penuh kasih sayang, lembah lembut, ceria, dan loyal.

Sementara pria, adalah sosok independen, tegas, dan dominan dalam menentukan hal-hal. Seolah-olah, wanita akan dipandang dari kelembutannya, sementara pria dilihat dari kekuatannya

Simak tanda-tanda seseorang mengidap sindrom Good Girl di bawah ini dan tanyakan pada diri kalian sendiri apakah kalian termasuk di dalamnya.

Takut Berkata Tidak

Seperti yang sudah dijelaskan, seseorang dengan gangguan ini akan merasa bahwa kebahagiaan orang lain adalah tanggung jawabnya. Ia menormalisasi perbuatan itu dengan anggapan manusia harus membantu sesama. Selain itu, dengan ia membantu orang lain, tentu saja ia mengharapkan ucapan terima kasih. Lama-lama, hal itu menjadi kebiasaan yang akan merugikan diri sendiri. Seseorang akan mengorbankan waktu, tenaga, bahkan materinya untuk memenuhi kebutuhan orang lain, tak peduli jika diri sendiri lebih membutuhkan.

Tidak Berani Berpendapat

Selain selalu mengiyakan, pengidap good girl syndrome juga tidak berani untuk mengeluarkan pendapatmu. Misalnya ada yang bertanya apakah baju yang baru dibeli bagus, meskipun tidak setuju, ia tetap akan mengatakan bahwa baju itu bagus dan sangat cocok. Penderita takut dalam mengkritik karena tidak ingin menyinggung atau menyakiti siapapun. Karena hal ini pula, ia tidak bisa menerima kritik dari orang lain karena merasa dirinya tidak pernah mengkritik orang.

Merasa Selalu Bertanggung Jawab

Ciri lain dari sindrom ini adalah, seseorang akan merasa bahwa ia memiliki tanggung jawab akan segala hal. Misalkan saja pada suatu kerja kelompok, karena merasa tidak enak dengan anggota lain, ia menawarkan untuk mengambil banyak bagian. Dengan begitu ia akan dianggap orang yang baik.

Mudah Dimanipulasi

Karena sifat baiknya, penderita jadi mudah dimanfaatkan oleh orang yang tidak memiliki empati. Apalagi orang-orang akan tau bahwa ia tidak mungkin menolak apa yang diminta. Selain itu penderita pun akan diremehkan. Dalam kasus ini, bisa jadi pengidap Good Girl Syndrom memahami bahwa lingkungannya menjadi sangat toxic, tapi kembali lagi, ketakutan akan tidak diterima lingkungan membuat ia tidak bisa menolak.

Jika gejala di atas ada pada diri kalian, usahakan untuk belajar menolak sesuatu yang tidak sesuai dengan kata hati kalian. Dimulai dari hal kecil seperti permintaan tolong untuk menemani berbelanja padahal kalian sedang lelah setelah lembur kerja, dan lain sebagainya. Utamakan diri kalian sendiri, karena jika bukan kalian, siapa lagi? [mnd/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar