Iklan Banner Sukun
Ragam

Supaya Tidak Salah, Pahami 4 Fungsi dan Kemudahan Asuransi

Ilustrasi orang yang melindungi mobil dengan daftar produk asuransi terbaik. (Pixabay)

Surabaya (beritajatim.com) – Minat masyarakat dalam membeli program asuransi masih sangat minim atau sangat rendah, lantaran dianggap tidak menarik. Padahal asuransi memiliki berbagai fungsi, yang salah satunya bertujuan untuk menyiapkan dan menata masa depan menjadi lebih baik.

Selain itu, asuransi juga disebut sebagai bentuk investasi masa depan yang bisa memberikan perlindungan dari berbagai kemungkinan kerugian yang akan terjadi.

Oleh karena itu, masyarakat perlu mengetahui tentang fungsi hingga manfaat asuransi. Karena canggihnya teknologi dan informasi masa kini, Anda bisa mengakses jasa ini secara online di aplikasi asuransi.

Lalu seperti apa saja sih fungsi asuransi itu? fungsi asuransi adalah untuk memberikan layanan atau memberikan perlindungan dalam mengatasi berbagai risiko yang akan terjadi. Selain itu, layanan jasa perlindungan ini juga memiliki berbagai fungsi utama, simak berikut ini.

1. Sebagai Bentuk Investasi

Perlu diketahui jika membeli sebuah asuransi, sama saja dengan Anda sedang melakukan investasi. Pasalnya, dana yang dikumpulkan dari nasabah akan dikembangkan oleh pihak jasa asuransi. Bahkan dana tersebut, dapat menghemat anggaran premi setiap bulannya.

Selain itu jika Anda sudah terdaftar, nantinya akan mendapatkan tiga pilihan waktu masa pertanggungan yakni 5 tahun, 7 tahun, atau 10 tahun. Setelah itu, Anda bisa mengambil dana yang telah terhimpun dari premi yang dibayarkan setiap bulannya.

2. Sebagai Bentuk Perlindungan

Fungsi asuransi berikutnya yakni bisa memberikan perlindungan kepada setiap nasabah. Seperti perlindungan risiko kecelakaan, kesehatan, dan risiko-risiko di masa depan. Karena saat ini terdapat aplikasi asuransi maka Anda dapat dengan mudah mengaksesnya.

3. Melindungi Risiko Kerugian

Asuransi memiliki berbagai macam jenis, tergantung kebutuhan. Salah satunya seperti perlindungan usaha. Fungsi ini jika Anda sedang merintis usaha dapat mengurangi risiko kerugian dalam menjalankan usaha. Misalnya kerugian yang tidak terduga, kebakaran properti maupun terjadi kecelakaan.

4. Membantu Perbaikan Keuangan

Nasabah yang memiliki kontrak perjanjian kerjasama antara perusahaan penyedia asuransi wajib membayar premi secara rutin. Hal ini untuk dijadikan dana darurat. Jika sewaktu-waktu pengeluaran Anda membengkak, maka pihak asuransi dapat membantu meniminalisirkan pengeluaran tidak terduga tersebut.

Bagi yang ingin daftar asuransi sekarang caranya cukup mudah, lantaran prosesnya bisa melalui online di aplikasi asuransi pilihan Anda. (frs/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar