Iklan Banner Sukun
Ragam

Suka Toxic Bermain Game Online? Sebaiknya Hentikan, dan Lakukan Etika Ini

Ilustrasi orang sedang main game. (Sumber foto: Fredrick Tendong, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Mungkin Anda sering bermain game yang niatnya menghibur diri, justru dapat kelakuan player lain yang toxic, dan membuat kita jadi tidak terhibur. Jangan sampai kalian bikin rugi player lain atau malah bikin rugi diri sendiri saat bermain game online.

Etika bukan hanya berlaku di dunia nyata saja. Etika juga berlaku di dunia maya, termasuk saat bermain game online. Mungkin Anda pernah membuat ujaran kotor, atau terkena ujaran tidak baik dari orang saat bermain game online.

Hal itu tidak baik, karena akan berdampak pada player lain. Player lain, pasti akan menganggap Anda toxic dan tidak berakhlak. Berikut ini etika yang harus dilakukan saat bermain game online

Jangan Diskriminatif atau Rasis!

Game online akan jadi makin seru jika bermain multiplayer (bersama-sama). Tapi harus di ingat, tidak semua pemain game itu berasal dari suku, agama, dan ras yang sama. Diskriminatif juga masuk tindakan Cyberbullying. Jadi, hati-hati dan sebaiknya hindari perlakuan diskriminatif itu.

Sportif atau Jangan Nge-cheat!

Segalanya yang didapat secara instan, pasti perginya akan instan juga. Apalagi jika bermain game. Selain game jadi tidak menyenangkan, cepat atau lambat Anda bisa kena banned oleh admin operator game.

Jangan Spam Chat!

Anda pasti akan jengkel jika ada pemain game yang spam chat tidak jelas. Selain bisa ganggu, pasti fokus Anda untuk bermain game akan rusak. Chat seperlunya saja, jika perlu obrolan yang menenangkan hati para pemain lain.

Jangan Berkata Kasar

Untuk hal ini mungkin Anda sudah sering mendengar walaupun tidak bermain game online. Namun, berkata kasar sebaiknya ditahan saja saat bermain game online. Karena pemain game online juga ada anak-anak yang belum bisa mencerna perkataan kasar.

Ucapkan Terima Kasih

Ucapan terima kasih memang berguna untuk berbagai hal, salah satunya saat main game dan bekerja sama mengejar skor tertinggi atau meraih kemenangan. Kata terima kasih memang sederhana. Dengan saling memberi apresiasi pasti bisa membuat suasana jadi nyaman.

Agar tidak toxic bermain game online, coba lakukan beberapa hal tersebut. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar