Ragam

Suka Menghakimi hingga Penyalahgunaan Obat, Ini 4 Pengaruh Buruk Orang Tua Toxic

(sumber foto : Unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Saat ini, banyak anak-anak yang tumbuh di lingkungan toxic parent. Tak hanya kekerasan fisik dan verbal namun mereka juga mengalami kekerasan psikis dan mental. Dampak buruknya akan dirasakan saat anak itu mulai tumbuh remaja hingga dewasa.

Melansir dari salah satu sumber, Sabtu (28/8/2021) Seorang psikolog bernama Dr. Susan dalam bukunya berjudul Forwards Toxic Parents, mengatakan bahwa memiliki toxic parent adalah salah satu hal yang terus menghantui seseorang sepanjang hidupnya.

Trauma emosional yang ditimbulkan oleh kesenjangan tersebut tidak dapat disembuhkan dengan mudah dan biasanya memakan waktu lama. Berikut ini beberapa dampak dari memiliki toxic parent seperti dilansir dari Power of positivity.

Suka mengenghakimi orang lain

Kritikan yang terlalu keras kepada anak Anda dapat membuat mereka egois. Kebanyakan dari toxic parent memaksakan kehendak pada anak mereka, tidak peduli apakah anak mereka mau atau tidak. Namun jika hasilnya mengecewakan, mereka akan memarahi sang anak dengan dalih mengajarkan kedisiplinan. Nantinya, sang anak akan melakukan hal yang sama, entah pada teman, rekan kerja, atau anak mereka kelak.

Merasa terasing

Kurangnya komunikasi antara orang tua dan anak menyebabkan hubungan mereka hambar. Beberpa orang tua terlalu asyik bekerja sehingga melalaikan tanggung jawabnya kepada anak, akibatnya sang anak akan merasa diabaikan secara emosional. Mereka seperti tumbuh tanpa ikatan orang tua yang kuat, sehingga mereka terbiasa sendirian. Mereka juga mungkin menyalahkan diri sendiri seolah-olah ada yang salah dengan mereka sehingga membuat orang tua mereka mengasingkan mereka.

Tidak dapat berkembang

Kekhawatiran orang tua yang berlebihan juga tidak baik bagi tumbuh kembang si anak. Mereka akan merasa lebih sering dilarang dari pada didukung. Sebuah artikel dari American Psychological Association menyatakan bahwa pola asuh obsesif dapat berdampak buruk pada kesehatan emosional anak. Orang tua yang terlalu khawatir biasanya memiliki kasus hilangnya masalah kontrol diri.

Penyalahgunaan obat-obatan

Sebuah artikel yang diterbitkan oleh American Psychological Association menyatakan kekerasan orang tua menjadi salah satu faktor penyalahgunaan obat-obatan. Selain itu sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Pediatrics, anak-anak yang dibesarkan oleh toxic parent rentan terhadap penyalahgunaan obat. [rsf/bjo]


Apa Reaksi Anda?

Komentar