Iklan Banner Sukun
Ragam

Suka Makanan Pedas? Berikut Manfaatnya Bagi Kesehatan

unsplash

Surabaya (beritajatim.com) – Makanan pedas selalu identik dengan penyebab sumber masalah kesehatan, seperti gangguan pencernaan, sakit perut, dan sebagainya. Tidak jarang makanan pedas kerap menjadi pantangan bagi seseorang yang sedang mengalami gangguan kesehatan tertentu. Namun, dibalik itu, makanan pedas rupanya memiliki manfaat untuk kesehatan, yang mungkin belum banyak diketahui. Sebagaimana dilansir dari healthline.com , ada beberapa manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari makanan pedas.

Pertama, dapat membantu mempercepat metabolisme tubuh. Ini terkait data dari berbagai penelitian menunjukkan bahwa rempah-rempah tertentu seperti jinten, kayu manis, kunyit, paprika, dan cabai dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh dan memperlambat nafsu makan. Bagi Anda yang sedang melakukan diet, makan makanan pedas bisa jadi salah satu opsi agar metabolisme tubuh lancar.

Kedua, membantu melawan sel kanker. Salah satu komponen aktif yang terkandung dalam cabai yaitu capsaicin. Komponen ini terbukti memperlambat dan menghancurkan sel kanker. Sebuah studi menemukan jika capsaicin menghambat pertumbuhan sel kanker prostat yang terjadi pada tikus.

Ketiga, membantu membunuh bakteri. Kunyit dan jinten telah terbukti memiliki sifat antioksidan juga memiliki antimikroba yang kuat. Kedua rempah yang punya rasa pedas itu berarti dapat digunakan untuk melawan bakteri berbahaya di dalam tubuh.

Keempat, melawan peradangan. Senyawa yang terkandung dalam kunyit salah satu adalah kurkumin. Kurkumin memiliki banyak manfaat, seperti melawan peradangan di tubuh. Dalam praktik terapi pengobatan Ayurveda, sifat anti inflamasi dari jahe dan bawang putih juga telah digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit, mulai dari mual, sakit kepala, hingga peradangan pada sendi.

Kelima, dipercaya bisa memperpanjang umur. Pernyataan ini diungkap oleh suatu studi besar di tahun 2015 yang dilakukan oleh Pusat Nasional Pengendalian dan Pencegahan Penyakit CIna dan Harvard. Dalam pernyataan itu makan makanan pedas setiap sekali sehari, bahkan diklaim dapat menurunkan angka kematian hingga 14 persen. Memang masih belum ada bukti valid terkait hal ini, tapi tidak menutup kemungkinan itu benar terjadi.

Bagi Anda yang suka makanan pedas, tidak perlu takut dan risau. Sebab, makanan pedas juga terbukti punya dampak baik pada kesehatan. [dan/esd]

 


Apa Reaksi Anda?

Komentar