Iklan Banner Sukun
Ragam

Suka Makan Mie Instan? Berikut Dampak Buruknya Bagi Kesehatan

(Foto: Orijit Chatterjee, unsplash)

Surabaya (beritajatim.com) – Sebenarnya makan mie instan itu hal yang diperbolehkan. Terutama bagi kalain anak kos atau anak rantau, makan mie instan jadi jalan ninja untuk bertahan hidup di tanah rantauan.

Namun, makan mie instan menjadi berbahaya jika berlebihan. Apalagi, mie instan itu punya bahan pengawet, dan penyedap yang cukup banyak. Jadi, bagi kalian penggemar mie instan harus bisa mengontrol diri, agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan. Berikut ini bahaya konsumsi mie instan terlalu sering.

Menimbulkan Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan akan timbul karena kandungan serat dan nutrisi pada mie instan sangat minim, sementara kandungan bahan kimia cukup banyak. Jika terlalu sering konsumsi mie instan, kalian bisa mengalami radang pencernaan.

Mengalami Obesitas

Mie instan adalah makanan yang mengandung kalori tergolong cukup tinggi, yakni berkisar 190 sampai 220 kalori dalam satu kemasan. Jika mie instan dikonsumsi tiap hari, kalian bisa alami kelebihan berat badan alias obesitas. Apalagi makan mie instan dengan nasi, malah jadi double kalori.

Sebabkan Diabetes

Over konsumsi mie instan juga bisa memicu diabetes. Mie diketahui punya kandungan karbohidrat yang tinggi. Di dalam tubuh, karbohidrat akan diubah menjadi glukosa. Oleh karena itu, orang yang mengkonsumsi mie instan dengan jumlah dua kali atau lebih dalam seminggu akan rentan mengidap sindrom metabolik.

Faktor pemicu sindrom metabolik yaitu obesitas di bagian perut. Obesitas tadi erat kaitannya dengan kalori mie instan yang tinggi. Sebagian besar orang dengan sindrom metabolik tidak mampu menghasilkan insulin. Padahal, insulin bekerja untuk mengubah glukosa menjadi energi. Saat tubuh kurang insulin, gula darah pun meningkat sehingga meningkatkan risiko diabetes.

Resiko Penyakit Jantung dan gangguan ginjal

Kondisi tekanan darah tinggi akibat banyak mengkonsumsi mie instan dapat memicu berbagai gangguan pada jantung. Selain penyakit jantung kalian juga beresiko mengidap penyakit ginjal. Hal ini karena mie instan mengandung zat yang berbahaya yang disebut propylene glycol. Zat itulah yang beresiko tinggi jadi penyebab gangguan ginjal.

Penyakit Kanker

Mie instan mengandung zat pengawet bernama Butylated Hydroxyanisole (BHA) dan T-Butylhydroquinone (TBHQ). Pengawet tersebut berasal dari bahan kimia bersifat karsinogenik yang memicu kanker.

Konsumsi mie instan itu boleh sebenarnya, asalkan jangan berlebihan. (dan/tur)


Apa Reaksi Anda?

Komentar