Iklan Banner Sukun
Ragam

Simon Leviev Ramai Dibicarakan, Berikut Beberapa Penipu Ulung yang Pernah Menggemparkan Dunia

Simon Leviev ramai diperbincangkan usai keberadaan film The Tinder Swindler (Tangkapan Layar Instagram @simon.officialll1)

Surabaya (beritajatim.com) – Tak sedikit orang menjadikan aksi penipuan sebagai profesi. Bahkan banyak yang melakukan berbagai macam tindak penipuan selama bertahun-tahun. Baru baru ini bahkan begitu ramai terjadi di Indonesia.

Di kancah dunia melalui film Tinder Swindler muncul sosok Simon Leviev yang banyak memakai identitas palsu dan menipu dalam jumlah dolar. Berikut ini daftar penipu paling ulung kelas dunia.

Simon Leviev

Simon Leviev merupakan sosok pria penipu yang baru-baru ini jadi begitu banyak dibicarakan sebab film dokumenter yang berjudul The Tinder Swindler (2022).

Pria bernama asli Shimon Hayut, pria ini telah mengambil banyak identitas palsu selama bertahun-tahun. Simon mencuri jutaan dolar dari sejumlah perempuan melalui aplikasi kencan Tinder.

Ia mengklaim bahwa ia adalah putra Lev Leviev, seorang miliarder dan pendiri perusahaan manufaktur berlian, LLD Diamonds, dan banyak orang yang mempercayainya.

Charles Ponzi

Charles Ponzi merupakan m pencetus skema Ponzi yang begitu berbahaya. Pada skema Ponzi, keuntungan yang diperoleh bukan dari laba, melainkan hasil merekrut investor baru. Charles menjalankan skema investasi yang menguntungkan dan ekspansif dengan skema ini.

Di tahun 1991, Ponzi telah mencoba membeli International Reply Coupon di 1 negara, lalu menukarnya dengan perangko yang lebih mahal di negara lain.

Bernie Madov

Di tahun 2008 Bernie Madoff menjadi viral di seluruh dunia sebab berhasil menipu para investor yang sudah percaya pada perusahaannya.

Aksi ini membuatnya menjadi l pelaku penipuan terbesar di Amerika Serikat. Mengutip dari Britannica, perkiraan kerugian berkisar USD 65 miliar atau setara 865 triliun rupiah.

Billy McFarland

Di tahun 2018, Billy McFarland menggelar festival musik mewah bernama Fyre Festival di pulau Great Exuma, Bahama. Panitia menjanjikan akomodasi yang begitu mewah, makanan, musik, karya seni, & petualangan terbaik di Bahama.

Namun, ketika Fyre Festival digelar, para pengunjung merasa kecewa juga merasa tertipu sebab akomodasi mewah yang dijanjikan panitia bohong. Padahal untuk acara itu, Billy mendapatkan 4 juta USD atau setara 56 miliar rupiah dari Fashion Executive Carola Jain.

Rudy Kurniawan

Rudy Kurniawan atau nama asli Zhen Wang Huang adalah penipu pemalsu minuman anggur. Mengutip The Cinemaholic, pada 2006, ia mengumpulkan USD 24,7 juta (Rp354 miliar) di sebuah lelang, total terbesar yang pernah ada untuk 1 distributor saat itu.

Namun, 2006 aksinya terbongkar oleh kolektor anggur bernama Bill Koch yang memborong anggur milik Rudy
di pelelangan John kapon.

Sederet nama itulah yang pernah memanipulasi dunia dengan cara menipu para korban bahkan sampai miliar dan triliunan. (dan/ian)


Apa Reaksi Anda?

Komentar