Iklan Banner Sukun
Ragam

Silakan DIcoba, Cara Mudah Agar Tidur Siang Lebih Efektif

(Foto: Artem Podrez, pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Sejak kecil, kita selalu dipaksa oleh orang tua untuk tidur siang. Padahal, waktu sepulang sekolah tersebut menjadi waktu bermain yang menyenangkan. Nasihat tidur siang bukan tanpa manfaat. Sebab, ia bisa membantu kita menjadi lebih fokus dan menjaga kondisi tubuh.

Namun, jika tidak dilakukan dengan tepat, manfaat-manfaat tersebut tidak akan bisa kita rasakan secara efektif. Selain itu, tidak semua merasa nyaman saat tidur siang bahkan sebagian dari mereka merasa bahwa tidur siang membuat tidur malam menjadi lebih sulit.

Mereka yagn ingin tidur siang pun kadang merasa kesulitan. Cara-cara ini bisa anda coba agar tidur siang menjadi lebih efektif.

Tentukan waktu yang tepat

Biasanya kita bisa memilih waktu di jam 2–3 siang. Hal ini dikarenakan pada jam itu, kita lebih mudah merasa mengantuk setelah makan siang. Kita perlu perhatikan untuk tidru siang lebih baik menunggu satu jam setelah makan siang. Namun, jika memungkinkan, tidak bisa memanfaatkan waktu tidur siang. Tapi, ingatlah untuk tidak tidur siang terlalu lama atau memaksaka di saat sedang ada kesibukan tertentu.

Menggunakan alarm sebagai batasan

Alarm membantu kita untuk bisa bangun tepat waktu ketika tidur siang Maka dari itu, cobalah pasang alarm supaya tidur siang tidak melebihi waktu yang dianjurkan. Faktanya, tidur siang terlalu lama bisa membuat kita lebih semangat dan bertenaga saat bangun tidur. Durasi yang disarankan untuk tidur siang adalah 15–20 menit. Bahayanya, Tidur siang terlalu lama membuat kita semakin mengantuk, kurang fokus, dan berisiko mengganggu tidur pada malam hari.

Susun sebuah perencanaan

Ketika menunda tidur siang padahal sudah mulai merasa ngantuk bisa menimbulkan rasa gelisah, tidak nyaman, dan membahayakan diri. Luangkan dan susun perencanaan sehingga kita merasa lebih nyaman dan aman, maka susunlah jadwal tidur siang yang teratur sesuai kesibukan sehari-hari.

Kurangi kebiasaan sering konsumsi kafein

Seperti yang kita ketahui adalah kafein memiliki efek stimulan yang dapat membuat kita tetap terjaga dan sulit tidur. Efek ini terkadang muncul sekitar 30 menit setelah mengkonsumsi minuman berkafein. Jadi lebih baik ketika hendak tidur siang dengan tidak mengonsumsi kafein bila hendak tidur siang. [prd/tur]


Apa Reaksi Anda?

Komentar