Ragam

Siapa Sangka, Ini Hal-hal Yang Dianggap Buruk Tapi Dapat Mengubah Hidup

Ilustrasi waktu yang tak bisa diputar kembali (Foto: Anne McCarthy, Pexels)

Surabaya (beritajatim.com) – Banyak orang tidak menyadari bahwa beberapa hal yang dianggap buruk ini ternyata malah bisa membuat hidupmu berubah drastis.

Hidup di dunia memang tidak melulu menyenangkan hingga membuat seseorang kerap bahagia. Tentu akan ada beragam rasa baik maupun buruk yang akan mewarnai, seperti senang, sedih, kecewa, marah, dan lain sebagainya.

Meski hampir semua orang menghindari sesuatu yang buruk, namun siapa sangka jika hal-hal yang dianggap buruk tersebut justru dapat mengubah hidup seseorang, di antaranya seperti berikut ini;

Punya banyak waktu tapi terasa hanya memiliki sedikit waktu

Tidak semua orang bisa mengatur prioritas yang baik dalam hidupnya. Meski semua orang memiliki kurun waktu yang sama setiap hari, namun tak semua orang bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk menghasilkan sesuatu atau produktif.

Hal inilah yang dimaksud dengan punya banyak waktu, namun terasa tak memiliki waktu yang cukup untuk sesuatu yang menjadi prioritas. Padahal waktu yang dihabiskan dengan bijak akan berbuah manis di kemudian hari.

Terlalu sibuk tapi tak menghasilkan

Pasti ada seseorang yang terlihat sangat sibuk seharian, namun nyatanya tak ada sesuatu yang ia hasilkan. Bisa jadi itu adalah diri kita sendiri?

Hal ini tentu akan terasa sangat sia-sia. Karena waktu yang tak mungkin berputar kembali ini seharusnya dapat dipergunakan dengan sangat baik, entah itu untuk belajar, menambah pengalaman, relasi, atau menghasilkan hal lain yang mungkin bisa dibanggakan.

Esok belum tentu datang

Masih banyak orang yang kerap menunda sesuatu dengan dalih bisa dikerjakan esok hari. Padahal, tiada satu orang pun yang dapat menjamin tentang datangnya hari esok.

Karena tidak ada yang bisa lolos dari kematian, maka belum tentu seseorang menjumpai hari esok. Entah karena datangnya musibah, seperti sakit atau kecelakaan. Maka manfaatkan waktu yang sangat terbatas tersebut dengan sebaik mungkin.

Tidak bisa mengulang masa lalu

Setiap orang tentu harus mengingat hal ini. Bukan hanya berfokus pada masa yang akan datang, namun juga pastikan bahwa hari ini kita bisa melakukan sesuatu dengan sebaik mungkin.

Hal ini dikarenakan masa sekarang akan menjadi masa lalu yang tak akan pernah bisa dijumpai dan diperbaiki kembali. Maka apa yang dilakukan hari ini dapat menentukan hidup seseorang di masa yang akan datang.

Selalu gagal

Yang perlu diingat ialah setiap orang akan selalu gagal, begitupun dengan diri sendiri. Maka hal inilah yang perlu ditanamkan bahwa hal itu akan menjadi wajar dalam setiap kali berproses.

Dari setiap kegagalan inilah yang kemudian dapat membuat seseorang terus mengevaluasi diri dan belajar. Hal ini karena dari setiap masalah akan memunculkan perspektif baru. Tak ayal, semua itu yang kemudian dapat merubah hidupnya suatu saat nanti.

Tidak ada yang sempurna

Jika melihat hidup orang lain tampaknya mereka hidup dengan kesempurnaan. Padahal, di dunia ini tidak ada yang demikian. Maka ambil positifnya, tak perlu berkecil hati dengan apa yang dimiliki orang lain.

Dari ketidaksempurnaan inilah yang harusnya diolah dan dimanfaatkan. Jangan menunggu sesuatu untuk menjadi sempurna terlebih dahulu, karena jika demikian tentu saja itu tak akan pernah terjadi. Maka segera lakukan sesuatu yang memang ingin dilakukan.

Tidak ada yang bisa memperbaiki diri sendiri

Jangan pernah berharap seseorang dapat mengubahmu menjadi lebih baik. Karena perubahan yang datang karena orang lain biasanya tak akan dapat bertahan lama. Terlebih jika orang yang dapat mengubahmu tersebut telah pergi.

Yang bisa merubah dirimu, ya tentu saja dirimu sendiri. Maka mulailah dengan menyayangi dan menghormati diri sendiri. (Fyi/ian)

Apa Reaksi Anda?

Komentar