Iklan Banner Sukun
Ragam

Siap Kantong Tebal, 5 Jurusan Kuliah Termahal di Indonesia

Ani Kolleshi, unsplash

Surabaya (beritajatim.com) – Jurusan kuliah memang sebaiknya dipikir dan dipertimbangkan jauh sebelum masuk kuliah. Sebab tidak jarang terjadi seseorang merasa salah masuk jurusan, atau merasa jurusan tidak sesuai dengan minatnya.

Pertimbangan jurusan kuliah bukan hanya soal mata kuliah yang akan dipelajari saja. Jurusan kuliah juga berhubungan dengan sejumlah uang yang harus dibayarkan dalam bentuk spp tiap semester juga biaya awal saat masuk. Agar tidak sampai kelabakan, berikut ini daftar jurusan kuliah dengan biaya tinggi.

1. Kedokteran

Katanya, biaya kuliah jurusan Kedokteran bisa puluhan sampai ratusan juta. Dengan jumlah besaran biaya itu memang tidak heran sebenarnya. Pasalnya, alat pembelajaran dan praktikum jurusan kedokteran memang tidak sedikit dan cukup mahal. Selain itu jurusan kedokteran juga mahal karena harus melakukan penjenjangan karir yang panjang. Sebab, setelah lulus pendidikan S1 jurusan ini masih harus melalui beberapa tahapan.

2. Penerbangan (Aviasi)

Biaya kuliah di perguruan aviasi bisa mencapai angka Rp 500 hingga 800 juta. Tapi hal itu sebanding dengan beberapa simulasi penerbangan yang akan dilakukan dengan sertifikasi yang biayanya juga tidak kalah besar. Jurusan penerbangan ini terbilang mahal karena alat-alat yang digunakan saat kuliah juga memiliki harga yang cukup tinggi.

3. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Meski biaya setiap semesternya mungkin tidak semahal jurusan kedokteran atau penerbangan, tapi peralatan dan perlengkapan untuk belajar DKV baik konvensional maupun digital sama-sama butuh spesifikasi yang mumpuni. Sehingga tidak heran jika jurusan ini termasuk ke jurusan kuliah yang lumayan punya angka tinggi.

4. Broadcasting

Selanjutnya ada jurusan yang punya kebutuhan banyak sehingga harganya mahal yaitu jurusan broadcasting. Biaya yang dikeluarkan pun sebanding, sebab mahasiswa bisa belajar tanpa harus memiliki peralatan sendiri. Peralatan broadcast seperti kamera profesional, studio shooting, lighting, MCR, dan masih banyak lagi sudah disediakan pihak jurusan.

 

Jika masih penuh pertimbangan urusan kantong, sebaiknya disesuaikan agar tidak memberatkan orang tua. Namun, jika pertimbangannya adalah passion bisa diusahakan dengan mencari bantuan beasiswa dari sejumlah jurusan tersebut. [dan/esd]


Apa Reaksi Anda?

Komentar